You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Tanaman Gulma Banyak Manfaat

Administrator 17 Februari 2022 Dibaca 1.660 Kali
Tanaman Gulma Banyak Manfaat

Jika kita mengenal dan memperhatikan, banyak tanaman gulma di wilayah Hargorejo, baik diarea persawahan maupun pegunungan. Dari berbagai sumber yang kami dapat, ternyata ada salah satu jenis tanaman gulma yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan maupun pertanian (sebagai pupuk organik). Tanaman ini adalah Balakacida memiliki nama ilmiah Chromolaena Odorata yang sebenarnya termasuk dalam tanaman gulma atau tanaman pengganggu, orang desa menyebut pohon merdekaan, poh pohan dan ambu ambunan.

Tanaman ini dipercaya bisa meringankan berbagai macam penyakit yang ada dalam tubuh. Pertumbuhan tanaman ini sangat cepat, apalagi jika terkena sinar matahari langsung. Daun balakacida memiliki ciri daun berbentuk oval gerigi pada bagian tepinya dan tekturnya sangat kasar, warna bunganya putih. Tanaman ini banyak tumbuh di persawahan dan perkebunan dan menjadi musuh para petani karena daun balakacida bisa merusak tanaman budidaya. Tak heran kalau keberadaannya sering kali dianggap merugikan sehingga kerap kali dipangkas.

Manfaat daun balakacida menurut jurnal yang berjudul "Pengaruh Rebusan Balakacida Terhadap Pertumbuhan", didalam daun ini terdapat kandungan
fenol, alkaloid, triteperoid, tanin, flavonoid, dan limonen yang dipercaya dapat mencegah beragam jenis penyakit.
Manfaat daun balakacida antara lain untuk luka, asam lambung (GERD), kista, Kanker serviks, keputihan, melancarkan peredaran darah, dan mencegah diabetes.

Itulah sebagian manfaat dari balacida yang sangat mudah kita dapati di wilayah kita. Namun hendaknya kita tetap dengan persetujuan dokter jika ingin mengkonsumsinya.
Semoga informasi di atas bisa berguna untuk masyarakat Hargorejo dan sekitarnya. 

 

Penulis: Agus S.

Dari berbagai sumber

(Fit)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image