You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Rumah Produksi Sangkar Burung Pak Rosat

Administrator 19 Januari 2022 Dibaca 656 Kali
Rumah Produksi Sangkar Burung Pak Rosat

Berdiri pada bulan Oktober Tahun 2018, rumah produksi sangkar burung Pak Rosat yang berada di RT 46 RW 37 Padukuhan Kriyan, Hargorejo mulai beroperasi dengan peralatan seadanya. Sebelum memulai bisnis ini, beliau telah menjalankan bisnis nata de coco, namun gagal. Melihat peluang bisnis sangkar burung di sentra kerajinan Sedayu, Bantul yang relatif stabil dari tahun ke tahun, akhirnya beliau tergerak untuk memulai bisnis ini. Pak Rosat menjalankan bisnis ini dengan bekal ilmu yang beliau peroleh dari pelatihan di sentra kerajinan Sedayu. Awalnya, beliau mempunyai banyak karyawan, namun semenjak pandemi, banyak karyawan yang beralih profesi karena pengepul mulai membatasi jumlah sangkar burung yang akan disetor. Dalam perjalanannya, rumah produksi ini mulai disahkan sebagai Kelompok Usaha Bersama (KUBE) oleh Pemerintah Kalurahan Hargorejo pada Januari 2021. Sampai saat ini, jumlah karyawan yang masih bertahan sekitar 3-4 orang. Terkadang mereka membawa bahan pulang untuk dianyam di rumah setelah proses pengeboran dan pemotongan bahan selesai. Untuk pengadaan bahan baku seperti jeruji bambu, Pak Rosat masih harus bergantung kepada para penyedia bahan di Karanganyar. Harapannya, suatu saat rumah produksi ini bisa memiliki mesin pembuat jeruji sendiri untuk mempermudah pengadaan bahan, baik untuk kelompok maupun perorangan.

Dalam satu minggu, rumah produksi sangkar burung Pak Rosat dapat menghasilkan sekitar 15-20 sangkar. Jenis sangkar yang diproduksi bervariasi, mulai dari model Suroboyoan dan model Mataraman. Bentuk sangkar burung juga disesuaikan dengan jenis burung yang akan dipelihara. Fungsinya, agar burung merasa nyaman berada di dalam sangkar. Beliau juga memberikan sentuhan inovasi ukiran pada sangkar yang dibuatnya, sehingga membuat sangkar burung produksi Pak Rosat berbeda dengan sangkar burung yang diproduksi di tempat lain. Selain ukiran, planggrangan atau panjatan burung juga dibentuk berbeda dari yang lain. Untuk distribusi, sangkar burung produksi Pak Rosat disetorkan kepada pengepul terdekat dan beberapa warung penjual pakan ternak. Selain itu, beliau juga melayani pembeli yang ingin memesan secara langsung. Bagi pembeli yang ingin membeli langsung di rumah produksi, beliau menerima request bentuk sangkar yang ingin dipesan. Harga sangkar yang dibandrol pun bervariasi, berkisar antara 125.000 – 150.000 rupiah tergantung tingkat kesulitan dari motif dan bentuk yang dibuat. Semua produk yang dibikin di rumah produksi ini adalah hasil anyaman dan ukiran tangan. Sedangkan mesin yang digunakan hanyalah mesin gerinda, bor duduk dan scroll saw sehingga peroses pembuatan sangkar relatif lama namun tetap memiliki kekhasannya tersendiri.

Bagi pelanggan yang ingin memesan secara langsung dapat menghubungi Contact Person +6285226314898 (Muh. Rosat ).

Penulis  : Ajru F

Sumber : Muh Rosat

Editor    : Yuli S

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image