You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Bagaimana Idealnya pelaksanaan Posyandu di Era Pandemi.

Administrator 12 Maret 2021 Dibaca 375 Kali
Bagaimana Idealnya pelaksanaan Posyandu di Era Pandemi.

Rabu (10 Maret 2021), Pukul 09.00 WIB, bertempat di Kalurahan Demen , saya mengikuti BIMBINGAN TEKNIS PEMBINAAN PENGELOLAAN POSYANDU KABUPATEN KULON PROGO Tahun 2021.
Hadir dalam acara tersebut Perwakilan Kader Posyandu,Kamituwo se-Kabupaten Kulon Progo. Narasumber dalam acara tersebut adalah Ibu Natalia dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo sekaligus anggota Pokjanal Posyandu Kabupaten Kulon Progo. Selama kurang lebih tiga jam beliau menyampaikan materi kepada peserta Bimtek,bagaimana idealnya pelaksanaan posyandu di Era Pandemi dan dalam masa PPKM di tahun 2021 yakni diantaranya
1. Pelaksanaan posyandu harus selalu berkoordinasi dengan Puskesmas dan Kalurahan setempat.
2. Diharapkan Kader mampu memetakan apakah RT wilayah kerjanya masuk zona hijau,kuning,orange, atau merah
3. Apabila dalam satu pedukuhan yang terdiri dari beberapa RT termasuk zona hijau ataupun kuning ,maka diperbolehkan melakukan Posyandu dengan tetap melakukan protokol kesehatan.
4. Apabila dalam satu Pedukuhan terdapat ada RT yang masuk zona orange,maka Posyandu masih bisa dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat atau dengan alternatif  jemput bola ,dengan catatan kader yang berkunjung tetap patuh pada Protokol kesehatan.
5. Apabila dalam satu pedukuhan terdapat RT yang masuk zona merah maka,posyandu TIDAK BOLEH dilaksanakan,maka ibu balita bisa melakukan timbang mandiri,nanti hasilnya bisa dilaporkan via Whatsapp kepada Kader agar dicatat di SIP.
Selain itu konsep posyandu di era pandemi diantaranya
1. Screening ,cek suhu <37>2. Pendaftaran
3. Timbang badan dan ukur tinggi badan, ukur lingkar kepala
4. Catat
5. Berikan PMT
6. Pulang
7. Balita stunting (konsultasi personal dengan kader melakukan kunjungan rumah )

Ibu Natalia juga sangat mengapresiasi kepada para kader yang telah berjuang tanpa kenal lelah, beliau juga berpesan kepada Kader, agar para Kader tetap semangat karena Kader merupakan ujung tombak kesehatan di tingkat Padukuhan.

Penulis : Yuli S

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image