You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Berbagi Cerita Tentang Kapan Pertama Kali Posyandu Itu Ada

Administrator 26 Oktober 2021 Dibaca 270 Kali
Berbagi Cerita Tentang Kapan Pertama Kali Posyandu Itu Ada

Hargorejo. Posyandu adalah salah satu program massif  yang dimulai sejak era Presiden Suharto (Presiden kedua Republik Indosesia). Presiden Suharto yang waktu itu melalui Departemen Kesehatan mengenalkan Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu). Program ini merupakan perluasan program Puskesmas yang digagas Bung Karno. Posyandu berhasil memobilisasi masyarakat hingga unit terkecil padukuhan bahkan RW. 

Posyandu dilakukan untuk menekan angka kematian ibu hamil dan bayi. Dengan melakukan penimbangan badan dan mengatasi kekurangan gizi. Beberapa Program yang dikembangkan diantaranya KIA ( Kesehatan Ibu dan Anak), Keluarga Berencana (KB), Gizi, Penanggulangan Diare dan Imunisasi. Dari tahun 1990 sampai 2007 angka kematian ibu melahirkan terus menurun. Dengan adanya keberhasilam Presiden Suharto dalam menurunkan kematian ibu melahirkan, sampai-sampai program ini diadopsi oleh Honduras. Sebuah Negara di kawasan Amerika Serikat.

Dan sampai sekarang, Posyandu dapat kita temui di Padukuhan setiap bulannya. Kegiatannya pun semakin dikembangakan dengan memberikan layanan kepada Lansia, promosi dan distribusi Vitamin, Garam Yodium, PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dan suplemen gizi lainnya.

Sumber : Wahyu Pambudi, M.Pd ( Dosen Prodi Sejarah IPW)

Penulis : Kemiyati

Editor : Indi

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image