PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Artikel

Satu Jam (Lebih) Bersama Ibu Sekdes

14 Januari 2020 14:04:09  Administrator  269 Kali Dibaca  Berita Lokal

“Lalu, apa yang menjadi kriteria agar usulan tersebut menjadi usulan prioritas ya, Bu?”

 

Salah seorang peserta diklat tiba-tiba saja menanyakan hal tersebut, ketika narasumber sedang menjelaskan bagaimana urutan usulan kegiatan dari tingkat Pedukuhan menjadi rencana kegiatan di tingkat Desa.

 

Celetuk-celetuk pertanyaan semacam itu adalah salah satu pertanda bahwa suasana diklat menjadi ruang diskusi yang hidup. Memang pertanyaan peserta tersebut agak terburu-buru dan kurang sopan karena terkesan memotong pembicaraan. Namun narasumber yang tidak lain dan tidak bukan adalah Sekretaris Desa (atau lebih akrab dipanggil dengan Ibu Sekdes) Desa Hargorejo ini tidak lantas masam muka, justru malah tersenyum sebagaimana pembawaannya saban hari. Sumeh.

 

Ibu Siti Nuraeni, atau Ibu Sekdes, yang dalam kurun waktu ke depan akan disebut Ibu Carik (semoga tidak ada yang coba-coba menyingkatnya) ini lalu menjelaskan dengan sangat-sangat sabar dengan bahasa yang sederhana mudah dimengerti. Penuturan katanya juga lancar, halus dan lunyu seperti perosotan TK, namun tetap tidak menghilangkan kesan berwibawa dan tegas.

 

Bahwa untuk menjadi usulan prioritas dalam Musyawarah Desa (Musdes), salah satu hal yang wajib dipenuhi adalah usulan tersebut benar-benar merupakan kebutuhan masyarakat mempunyai nilai guna. Musdes juga akan memperhatikan faktor kemendesakan dan ketercukupan anggaran dan sumber daya.

 

Selain terjadi tanya jawab semacam itu, Ibu Sekdes pada malam kedua rangkaian acara diklat ini juga menyampaikan banyak hal yang khususnya terkait dengan Rencana Kegiatan dan Anggaran. Materi tersebut merupakan salah satu materi pokok yang disampaikan dalam diklat maraton ini.

 

Acara yang bertajuk Diklat Pengurus KKLPMD, Ketua RT, Ketua RW Padukuhan Ngaseman diselenggarakan 12 hingga 13 Januari 2020 di Pendapa Kapanewon Kokap. Adapun narasumber berasal unsur pejabat dari Kapanewon Kokap dan Desa Hargorejo.

 

Selain tentang Rencana Kegiatan dan Anggaran, materi lain yang disampaikan pada malam pertama (12/01/2020) dalam adalah Tupoksi KKLPMD, RT, RW oleh Kepala Jawatan Praja Kapanewon Kokap dan Perencanaan Pembangunan oleh Kasie Pembangunan dan Pemberdayaan Desa Hargorejo.

 

Peserta dalam acara ini adalah semua pengurus KKLPMD, Ketua RT, Ketua RW Padukuhan Ngaseman. Peserta cukup antusias dan partisipatif dalam kegiatan yang baru pertama kalinya terselenggara di Padukuhan Ngaseman.

 

Acara ini diselenggarakan secara swadaya yang bertujuan untuk membekali pengurus KKLPMD, Ketua RT, Ketua RW yang baru saja dikukuhkan pada  29 Desember 2019 yang lalu. Momentum awal pengabdian dirasa sangat baik digunakan untuk acara diklat semacam ini.

 

Adapun latar belakang penyelenggaraan kegiatan ini adalah kurangnya pemahaman akses informasi dari para pegiat Desa di tingkat pedukuhan mengenai tupoksi dan dan rencana kerja. Dengan upaya transfer knowledge semacam ini diharapkan nantinya pengurus KKLPMD, Ketua RT, Ketua RW dapat lebih optimal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam pengabdian pelayanan kepada masyarakat Padukuhan Ngaseman.

 

Setelah mendengar pemaparan dari Ibu Sekdes dan acara diskusi dirasa cukup, peserta kemudian menyimulasikan pembuatan rencana kerja dilanjutkan dengan presentasi. Ibu Sekdes yang masih membersamai kegiatan tersebut juga memberikan berbagai saran dan masukan-masukan juga informasi terkait dengan rencana kerja yang dipresentasikan.

 

Acara berakhir pada sekira pukul 22.45 yang artinya melebihi waktu dari jadwal yang direncanakan. Peserta hendak kembali ke rumah masing-masing. Karena tidak bercita-cita menginap sendirian di pandapa Kapanewon, Ibu Sekdes juga turut berpamitan.

 

Sambil tersenyum, tentu saja.

(Red : SS)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Komentar Terbaru

Wilayah Kalurahan

Peta Desa

DATA BANTUAN DITERIMA WARGA HARGOREJO TAHUN 2020-2022

Aparatur Kalurahan

Data Kelompok Penerima Manfaat BLT Dana Desa Tahun 2022

DATA UMKM HARGOREJO TAHUN 2022

DTKS Hargorejo Tahun 2022

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : KRIYAN, HARGOREJO, KOKAP, KULON PROGO
Kalurahan : HARGOREJO
Kapanewon : KOKAP
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55653
Telepon : 02747721380
Email : pemdes13hargorejo@gmail.com

Statistik SID

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:216
    Kemarin:3.096
    Total Pengunjung:757.865
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:35.175.107.185
    Browser:Tidak ditemukan