You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Satu Jam (Lebih) Bersama Ibu Sekdes

Administrator 14 Januari 2020 Dibaca 408 Kali

“Lalu, apa yang menjadi kriteria agar usulan tersebut menjadi usulan prioritas ya, Bu?”

 

Salah seorang peserta diklat tiba-tiba saja menanyakan hal tersebut, ketika narasumber sedang menjelaskan bagaimana urutan usulan kegiatan dari tingkat Pedukuhan menjadi rencana kegiatan di tingkat Desa.

 

Celetuk-celetuk pertanyaan semacam itu adalah salah satu pertanda bahwa suasana diklat menjadi ruang diskusi yang hidup. Memang pertanyaan peserta tersebut agak terburu-buru dan kurang sopan karena terkesan memotong pembicaraan. Namun narasumber yang tidak lain dan tidak bukan adalah Sekretaris Desa (atau lebih akrab dipanggil dengan Ibu Sekdes) Desa Hargorejo ini tidak lantas masam muka, justru malah tersenyum sebagaimana pembawaannya saban hari. Sumeh.

 

Ibu Siti Nuraeni, atau Ibu Sekdes, yang dalam kurun waktu ke depan akan disebut Ibu Carik (semoga tidak ada yang coba-coba menyingkatnya) ini lalu menjelaskan dengan sangat-sangat sabar dengan bahasa yang sederhana mudah dimengerti. Penuturan katanya juga lancar, halus dan lunyu seperti perosotan TK, namun tetap tidak menghilangkan kesan berwibawa dan tegas.

 

Bahwa untuk menjadi usulan prioritas dalam Musyawarah Desa (Musdes), salah satu hal yang wajib dipenuhi adalah usulan tersebut benar-benar merupakan kebutuhan masyarakat mempunyai nilai guna. Musdes juga akan memperhatikan faktor kemendesakan dan ketercukupan anggaran dan sumber daya.

 

Selain terjadi tanya jawab semacam itu, Ibu Sekdes pada malam kedua rangkaian acara diklat ini juga menyampaikan banyak hal yang khususnya terkait dengan Rencana Kegiatan dan Anggaran. Materi tersebut merupakan salah satu materi pokok yang disampaikan dalam diklat maraton ini.

 

Acara yang bertajuk Diklat Pengurus KKLPMD, Ketua RT, Ketua RW Padukuhan Ngaseman diselenggarakan 12 hingga 13 Januari 2020 di Pendapa Kapanewon Kokap. Adapun narasumber berasal unsur pejabat dari Kapanewon Kokap dan Desa Hargorejo.

 

Selain tentang Rencana Kegiatan dan Anggaran, materi lain yang disampaikan pada malam pertama (12/01/2020) dalam adalah Tupoksi KKLPMD, RT, RW oleh Kepala Jawatan Praja Kapanewon Kokap dan Perencanaan Pembangunan oleh Kasie Pembangunan dan Pemberdayaan Desa Hargorejo.

 

Peserta dalam acara ini adalah semua pengurus KKLPMD, Ketua RT, Ketua RW Padukuhan Ngaseman. Peserta cukup antusias dan partisipatif dalam kegiatan yang baru pertama kalinya terselenggara di Padukuhan Ngaseman.

 

Acara ini diselenggarakan secara swadaya yang bertujuan untuk membekali pengurus KKLPMD, Ketua RT, Ketua RW yang baru saja dikukuhkan pada  29 Desember 2019 yang lalu. Momentum awal pengabdian dirasa sangat baik digunakan untuk acara diklat semacam ini.

 

Adapun latar belakang penyelenggaraan kegiatan ini adalah kurangnya pemahaman akses informasi dari para pegiat Desa di tingkat pedukuhan mengenai tupoksi dan dan rencana kerja. Dengan upaya transfer knowledge semacam ini diharapkan nantinya pengurus KKLPMD, Ketua RT, Ketua RW dapat lebih optimal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam pengabdian pelayanan kepada masyarakat Padukuhan Ngaseman.

 

Setelah mendengar pemaparan dari Ibu Sekdes dan acara diskusi dirasa cukup, peserta kemudian menyimulasikan pembuatan rencana kerja dilanjutkan dengan presentasi. Ibu Sekdes yang masih membersamai kegiatan tersebut juga memberikan berbagai saran dan masukan-masukan juga informasi terkait dengan rencana kerja yang dipresentasikan.

 

Acara berakhir pada sekira pukul 22.45 yang artinya melebihi waktu dari jadwal yang direncanakan. Peserta hendak kembali ke rumah masing-masing. Karena tidak bercita-cita menginap sendirian di pandapa Kapanewon, Ibu Sekdes juga turut berpamitan.

 

Sambil tersenyum, tentu saja.

(Red : SS)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image