You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Kader Kesehatan Hargorejo Ikuti Pelatihan Pembuatan SOP di Puskesmas Kokap 1

Admin Hargorejo 27 Mei 2024 Dibaca 34 Kali
Kader Kesehatan Hargorejo Ikuti Pelatihan Pembuatan SOP di Puskesmas Kokap 1

Bertempat di Aula Pukesmas  Kokap lantai 2, sejumlah 30 kader kesehatan dari Kalurahan Hargorejo mengikuti pelatihan pembuatan Standar Oprasional Prosedur (SOP) kader kesehatan pada Sabtu (25/05/2024). Acara yang diadakan oleh Puskesmas Kokap 1 ini dimulai pada pukul 09.00 WIB. Selain kader kesehatan, hadir pula dalam acara ini Kepala Puskesmas Kokap 1, Petugas Gizi dan Bidan Puskesmas Kokap 1. Usai pembukaan dan menyanyikan lagu wajib, sambutan disampaikan oleh Kepala Puskesmas Kokap 1, drg. Dyah Tri Handayani. Dalam sambutannya, ia memberikan apresiasi atas partisipasi para kader kesehatan dalam acara tersebut.

Materi yang pertama disampaikan oleh Petugas Gizi Puskesmas Kokap 1, Bu Datik. Ia menyampaikan tentang 25 ketrampilan dasar kader bidang kesehatan. Tuturnya lagi, kader kesehatan dibagi menjadi 3 tingkat, yakni purna, madya dan utama. Bagi kader yang sudah menguasai tingkat utama, maka ia berhak mengikuti perlombaan. Ia juga menjelaskan bahwa paket kesehatan di posyandu terdiri dari lima langkah, yakni pendaftaran, penimbangan (meliputi pengukuran TB, LILA, LIKA, Lingkar perut, cek tensi, kolesterol, gula darah dan lainnya), pencatatan, pelayanan kesehatan, dan penyuluhan. Oleh karenanya, ia berharap agar mulai bulan depan, masing-masing posyandu dapat menerapkan kelima langkah tersebut.

Materi yang ke dua tentang lokakarya pembuatan SOP tatalaksana balita. SOP tersebut terkait masalah gizi balita mulai dari tumbuh kembang, weight faltering (kondisi ketika kenaikan berat badan bayi tidak sesuai dengan standar berat badan bayi sehat pada umumnya), stunting, serta rujukan yang harus diberikan. Untuk mempermudah penyerapan materi, para peserta dibagi menjadi 8 kelompok. Masing-masing kelompok diberi tugas mengerjakan soal-soal yang disediakan dan perwakilan kelompok bertugas membacakan jawaban di depan peserta lainnya. (Ajru F)


Sumber: Nur Widayanti

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image