You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Jamasan Alat Seni Paguyuban Incling Langen Bekso Wiromo

Admin Hargorejo 09 Agustus 2023 Dibaca 57 Kali
Jamasan Alat Seni Paguyuban Incling Langen Bekso Wiromo

Pada hari Jumat (04/08/ 2023) bertepatan dengan tanggal 17 Muharram 1445 H pukul 20.00 WIB di sekretariat Langen Bekso Wiromo Padukuhan Gunung Rego RT.011 RW.004 diadakan kegiatan jamasan. Kegiatan jamasan alat seni paguyuban Incling Langen Bekso Wiromo ini diawali dengan pengambilan air jamasan dari 3 sumber mata air yaitu di Gunung Lanang wilayah Temon, sumber mata air di Sendang Pengilon Banjaran Hargomulyo dan sumber mata air di Sendang Sami Aji di Gunung Singsong Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah.

Kastama selaku anggota pengurus paguyuban menuturkan bahwa setelah rangkaian pengambilan air dilaksanakan oleh 3 orang perwakilan pengurus pawang paguyuban inciling, selanjutnya semua air jamasan yang diambil dijadikan satu dituang kedalam wadah air jamasan berupa pengaron sejenis gerabah dari tanah liat kemudian dicampur dengan bunga setaman. Setelah itu  diadakan upacara adat dengan menggelar doa bersama yang dipimpin oleh Sujarwanto selaku rois Padukuhan Gunung Rego. Baru kemudian gamelan dan kuda lumping sebagai alat seni incling tersebut dimandikan.

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan anggota DPRD Kulon Progo (Ida Ristanti, S.H.), Lurah Hargorejo (Bhekti Murdayanto, S.E.), Kapolsek Kokap, Dukuh Padukuhan Gunung Rego, sesepuh Padukuhan Gunung Rego, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan semua anggota Paguyuban Langen Bekso Wiromo. Lurah Hargorejo dalam sambutannya menyampaikan harapan agar budaya dan seni yang ada tetap dilanjutkan dan dilestarikan karena merupakan peninggalan nenek moyang.

 

 

Penulis : Agus S.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image