You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Malam Tirakatan di Padukuhan Pandu dan Gunung Rego

Admin Hargorejo 19 Agustus 2023 Dibaca 55 Kali
Malam Tirakatan di Padukuhan Pandu dan Gunung Rego

Tradisi masyarakat yang biasanya dilakukan untuk pada malam 17 Agustus adalah dengan mengadakan tirakatan, hal ini juga dilakukan oleh masyarakat Padukuhan Pandu dan Gunung Rego yang berada di Kalurahan Hargorejo. Pada malam tersebut Rabu 16 Agustus 2023 masyarakat Pandu berkumpul di rumah Dukuh Tata Sabila Rasyad untuk melaksanakan tirakatan.  Kegiatan tersebut dihadiri oleh tokoh pemuda, tokoh masyarakat ketua RT & ketua RW serta tokoh agama. Diawali dengan doa bersama kemudian dilanjutkan pembacaan surat yasin serta tahlil yang ditujukan untuk para pahlawan kemerdekaan yang telah gugur untuk merebut kemerdekaan Indonesia. Pada kesempatan tersebut juga dibacakan pidato sambutan Bupati Kulon Progo oleh Bapak Sukasna selaku tokoh masyarakat Padukuhan Pandu. Diakhir acara dimeriahkan juga dengan nonton bareng film perjuangan.

Sedangkan kegiatan malam tirakatan di Padukuhan Gunung Rego bertempat di Balai Padukuhan Gunung Rego. Diawali dengan sambutan dukuh dilanjutkan pembacaan pidato Bupati Kulon Progo yang dibacakan oleh Bapak Kadir selaku BPK kewilayahan. Setelah rangkaian kegiatan malam tirakatan diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh tokoh agama selanjutnya dilakukan makan bersama.

Masyarakat Padukuhan Pandu dan Gunung Rego nampak sangat antusias mengikuti rangkaian demi rangkaian acara.  Diharapkan dengan adanya malam Tirakatan tersebut dapat memupuk rasa Nasionalisme  dan kebangsaan masyarakat dan juga untuk mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan. Dan kita sebagai  sebagai generasi penerus bangsa  wajib mempertahan kemerdekaan. (Agus S)

Sumber : Tata S & Kastama

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image