You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Hindari Begadang Jika Tidak Ingin Hal Ini Terjadi Pada Tubuh

Admin Hargorejo 15 Agustus 2023 Dibaca 68 Kali
Hindari Begadang Jika Tidak Ingin Hal Ini Terjadi Pada Tubuh

Kebiasaan tidur yang tidak teratur tentunya memiliki dampak buruk bagi kesehatan apabila dilakukan secara terus-menerus, contohnya adalah begadang. Begadang menurut KBBI dapat diartikan sebagai suatu kebiasaan terjaga sampai larut malam dan tidur saat menjelang pagi datang. Tentunya banyak alasan yang dilakukan oleh seseorang sehingga mengharuskannya begadang. Contohnya seperti lembur mengerjakan tugas atau pekerjaan, belajar untuk ujian esok hari, mempersiapkan suatu acara, bahkan menonton drama Korea. Selain alasan tersebut, terdapat alasan lain ketika tidur seseorang menjadi tidak teratur yang tentunya berkaitan dengan masalah kesehatan, yaitu insomnia. 

Berdasarkan salah satu literatur, waktu tidur yang diperlukan oleh seseorang berbeda-beda tergantung dengan usia dan aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Bagi orang dewasa umumnya diperlukan waktu tidur sekitar 7-9 jam per hari, sedangkan untuk anak-anak diperlukan 10-13 jam per hari. Ketika tidur, tubuh manusia  akan beristirahat serta akan menghasilkan energi untuk beraktivitas kembali. Tidur juga dapat memperbaiki kondisi fisik dan mental, oleh karena itu tidur yang cukup akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Beberapa hal yang akan terjadi ketika seseorang keseringan begadang, yaitu :
1. Meningkatkan risiko kenaikan berat badan
2. Penuaan dini
3. Mudah lupa
4. Sulit untuk fokus
5. Risiko gangguan mental
6. Penurunan sistem imunitas

Beberapa hal tersebut tentunya masih dapat dicegah dengan melakukan pola tidur yang teratur, memulai gaya hidup sehat, rajin berolahraga, serta memperbaiki waktu istirahat yang cukup untuk tubuh.

 

 

Penulis : Annisa Istika (AS)
Sumber :
Kamus Besar bahasa Indonesia

Uswah. 2022. “Pakar UM Surabaya Paparkan Bahaya Begadang dan Dampaknya bagi Kesehatan”

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image