You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Gebyar Budaya Merti Padukuhan Gunung Kukusan

Admin Hargorejo 15 Agustus 2023 Dibaca 54 Kali
Gebyar Budaya Merti Padukuhan Gunung Kukusan

Padukuhan Gunung Kukusan Kalurahan Hargorejo di bulan Agustus ini melaksanakan kegiatan Merti Padukuhan. Berbagai rangkaian kegiatan telah dilaksanakan seperti bersih-bersih lingkungan dan tempat ibadah, ziarah ke makam pepunden kasepuhan Padukuhan Gunung Kukusan di Makam Geseng dan doa bersama serta hadroh sholawat bagi umat islam dan sembahyangan bagi penganut agama non islam pada hari Sabtu (12/08/ 2023) pukul 20.00 WIB.

Setelah berbagai rangkaian kegiatan terlaksana, pada hari Minggu (13/08/2023) diadakan kirab budaya yang dimulai pada pukul 09.00 WIB. Pelaksanaan kirab dilakukan dengan berjalan dari wilayah batas Padukuhan Gunung Kukusan dengan Padukuhan Ngaseman di jalan corblok lintas padukuhan RT.008 RW.002 menuju halaman rumah Bapak Suharyanto di RT.007 RW.002.

Seperti halnya kegiatan kirab di Padukuhan lain, peserta kirab mengenakan busana adat jawa membawa berbagai hasil bumi  seperti pisang maupun polowijo dan beberapa warga nampak menggotong hasil bumi yang di rangkai seperti gunungan. Kirab budaya diawali dengan peserta pembawa spanduk bertuliskan tema merti Padukuhan Gunung Kukusan ”Nengenaken Gotong Royong Linambaran Guyup Rukun Anuju Gunung Kukusan Maju Makmur “. Penampilan kesenian angguk yang berada di barisan paling belakang juga menambah suasana kirab menjadi meriah.

Bapak Jemadi selaku Dukuh Padukuhan Gunung Kukusan menuturkan bahwa kegiatan merti padukuhan ini merupakan wujud ucap syukur kepada Sang kholiq atas nikmat yang telah diberikan kepada masyarakat Padukuhan Gunung Kukusan serta wujud melestarikan dan uri - uri budaya kearifan lokal. Ucapan terimakasih juga disampaikan untuk warga masyarakat Padukuhan Gunung Kukusan atas bantuan dan kerjasamanya sehingga kegiatan ini bisa terlaksana. Rangkaian acara merti padukuhan ini ditutup dengan pagelaran wayang kulit pada malam harinya.

 

 

Penulis : Agus S.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image