You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Paguyuban Seni Karawitan Suka Budaya Sangkrek Adakan Jamasan Gongso

Admin Hargorejo 14 Agustus 2023 Dibaca 49 Kali
Paguyuban Seni Karawitan Suka Budaya Sangkrek Adakan Jamasan Gongso

Masyarakat Jawa sangat kaya akan budaya dan tradisi. Salah satu bukti yang dapat dilihat hingga kini adalah tradisi jamasan gongso atau ritual menyucikan gong. Sebagai wujud nguri-uri kabudayan jawi, kelompok Seni Karawitan Suka Budaya Padukuhan Sangkrek, Kalurahan Hargorejo mengadakan jamasan gongso  pada Rabu malam (10/08/2023). Jamasan gongso ini dilakukan di rumah salah satu warga Padukuhan Sangkrek, Bapak Nur Sholeh. Pada acara ini hadir Dukuh Sangkrek, ketua Rw 12 DAN Rw 13, Kaum/Ro’is Sangkrek, para sesepuh dan anggota karawitan, serta mahasiswa KKN di Padukuhan Sangkrek.   

Biasanya, tradisi jamasan gongso diadakan pada bulan Suro dalam kalender Jawa atau Asyyura dalam kalender Islam. Warisan budaya yang dilakukan secara turun temurun ini dimaksudkan agar semuanya mendapat berkah dari Tuhan Yang Maha Esa terhindar dari marabahaya atau yang biasa disebut tolak bala’. Jamasan gongso sendiri merupakan tradisi membersihkan gamelan (khususnya gong). Tradisi ini dilakukan dengan menyiram gong menggunakan air kembang setaman yang telah didoakan sebelumnya. 

Pada acara jamasan gongso, selain ritual memandikan gong juga disediakan nasi tumpeng lengkap dengan ingkungnya. Selain mempunyai maksud tersendiri, warga juga merasa bahwa tradisi jamasan gongso dan kesenian gamelan perlu dilestarikan agar generasi penerusnya tidak kehilangan identitas sebagai masyarakat Jawa yang berbudaya.(Ajru Fajriyah)

Sumber : Koesdiyono

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image