You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Merti Padukuhan Penggung

Admin Hargorejo 01 Agustus 2023 Dibaca 77 Kali
Merti Padukuhan Penggung

Masyarakat Padukuhan Penggung pada Minggu (23/07/2023) mengadakan kerjabakti bersih-bersih makam dan ziarah kubur di makam Ngasinan di Rt.076 sebagai salah satu rangkaian Merti Padukuhan Penggung. Selain bersih-bersih makam juga dilaksanakan bersih-bersih tempat ibadah, sumber mata air serta jalan lingkungan. Semua kegiatan ini dilaksanakan warga Padukuhan Penggung secara bersama-sama atau gotong royong.

Acara puncak Merti Padukuhan Penggung ini pada hari Jumat (28/07/2023). Acara diawali dengan kirab budaya pada pukul 13.00 WIB dan pada malam harinya diadakan pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Rahmat Wibowo dari Padukuhan Sindon. Kirab budaya dan pagelaran wayang kulit dilaksanakan sebagai wujud melestarikan budaya kearifan lokal yang ada.

Kirab budaya diikuti oleh warga masyarakat Padukuhan Penggung dengan barisan paling depan membawa berbagai hasil bumi yang dikemas seperti wujud gunungan dan dibelakangnya barisan prajurit bergada berbusana jawa dengan membawa tombak. Dalam kirab juga diramaikan dengan drumband serta hadroh dari Pondok Pesantren Nurul Khasan Penggung pimpinan Kyai Marzuki. Rombongan kirab berangkat dari halaman rumah Bapak Purwadi selaku mantan Dukuh Penggung menuju Balai Padukuhan Penggung. Merti Padukuhan Penggung ini berjalan aman, tertib dan lancar.

 

 

Penulis : Agus S.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image