You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Bimtek Usaha Budidaya Ikan bagi Pokdakan Penumbuhan se-Hargorejo

Admin Hargorejo 24 Juli 2023 Dibaca 93 Kali
Bimtek Usaha Budidaya Ikan bagi Pokdakan Penumbuhan se-Hargorejo

Seiring dengan gerakan Gerbang Segoro (gerakan membangun dengan semangat gotong royong) yang dicanangkan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kulon Progo, Kelompok Pembudidaya Ikan atau Pokdakan semakin menunjukkan semangat kelembagaannya sebagai pembudidaya perikanan. Demikian juga di Kalurahan Hargorejo, beberapa warga dari berbagai padukuhan dengan semangat membentuk pokdakan serta memulai proses mengajukan nomor register kepada DKP.

Begitu pula dengan Pemerintah Kalurahan Hargorejo yang tidak kalah dalam memberi motivasi kepada kelompok-kelompok penumbuhan ini. Melalui APBKal tahun anggaran 2023, sebagai bentuk penguatan ketahanan pangan, Pemkal Hargorejo melaksanakan kegiatan bimtek pemanfaatan teknologi tepat guna untuk perikanan darat berupa kegiatan pelatihan budidaya ikan pada Sabtu (22/07/2023). Bimtek tersebut bertempat di rumah budidaya ikan Pokdakan Mino Handayani, Anjir, Hargorejo. Selain bimtek, Pemkal juga memberikan bantuan hibah berupa kolam bulat fullset, benih lele dan bantuan stimulan pakan.

 
Tujuh kelompok sasaran yang mendapat bimtek serta bantuan antara lain: Mina Mekar Gunung Kukusan, Jala Tundo Tejogan, Mina Waris Selo, Mina Tani Tridaya Penggung, Mina Sliling Lestari Penggung, Mina Mekar Krengseng dan Mina Melati Ngulakan. Tujuh kelompok pokdakan tersebut adalah kelompok penumbuhan yang diharapkan dapat memotivasi kelompok lainnya untuk menggiatkan usaha perikanannya.


Langlang Misbah Aufa, penyuluh perikanan DKP mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada Pemerintah Kalurahan Hargorejo atas kegiatan yang dianggarkan dengan pokdakan sebagai sasarannya. Dalam bimtek pagi ini, Langlang bersama Guntoro sebagai narasumber memberi motivasi kepada anggota pokdakan penumbuhan dalam menggiatkan kelompok. Kolamisasi dari APBKal sudah dipasang sejak hari Kamis-Jumat, 20-21 Juli, dilanjutkan dengan bimtek. Sedangkan pada awal Agustus nanti akan ada pemberian benih lele dan stimulan pakan/pelet.

Ulu-Ulu Hargorejo, Savira Dwi Cahyani dalam hal ini berharap agar kegiatan bantuan stimulan kolam, benih dan pakan dapat memotivasi  kelompok untuk melanjutkan proses pengurusan register serta menggiatkan usaha budidaya ikan yang pada akhirnya dapat menguatkan ketahanan pangan di Hargorejo.

 

 

Penulis : Ajru F.

Sumber : Savira DC.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image