You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Bersih-Bersih Sumber Mata Air Menjadi Salah Satu Agenda Merti Padukuhan Pandu

Admin Hargorejo 24 Juli 2023 Dibaca 81 Kali
Bersih-Bersih Sumber Mata Air Menjadi Salah Satu Agenda Merti Padukuhan Pandu

Banyak cara yang dapat dilakukan dalam mewujudkan rasa syukur kita kepada sang Pencipta yang telah memberikan rizki hasil bumi yang melimpah. Salah satunya dengan melaksanakan merti padukuhan yang akhir-akhir ini banyak dilaksanakan oleh beberapa padukuhan di Kalurahan Hargorejo.

Seperti halnya masyarakat Padukuhan Pandu Kalurahan Hargorejo pada hari Minggu 09 Juli 2023 dan 16 juli 2023 melakukan bersih-bersih sumber mata air yang ada diwilayahnya sebagai salah satu rangkaian kegiatan merti padukuhan. Adapun sumber mata air tersebut antara lain Sumur Sole, Sumur Gayam dan Sumur Kedung Prahu yang sampai saat ini masih digunakan warga sebagai sumber air minum.

Tidak hanya bersih-bersih mata air, masyarakat Padukuhan Pandu juga melaksanakan bersih- bersih lingkungan sekitar, bersih-bersih makam dan berziarah kesesepuh yang sudah mendahului. Semua kegiatan tersebut dilakukan dengan cara bergotong royong sebagai bentuk guyup rukun dan rasa saling menghargai menghormati antar warga.

Merti Padukuhan Pandu mengangkat tema “Sak Iyeg Sak Eko Kapti Guyup Rukun Nyawiji Ing Karso Sengkut Gumregut Ambangon Projo”. Disesi puncak acara merti Padukuhan Pandu pada Rabu, 19 Juli 2023 diadakan acara kirab budaya dengan start perempatan Pandu menuju ke lokasi area rumah Dukuh Pandu. Kemudian dilanjutkan acara sedekah wilujengan dengan kembul makan bersama. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari anggota DPRD Kabupaten Kulon Progo, perwakilan dari Muspika Kapanewon Kokap, serta Lurah dan pamong kalurahan Hargorejo. Acara merti Padukuhan Pandu ditutup dengan pagelaran seni jathilan Satrio Mudo dari Padukuhan Selo Timur.

 

 

Penulis : Agus S.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image