You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Merti Padukuhan Ngaseman

Admin Hargorejo 21 Juli 2023 Dibaca 91 Kali
Merti Padukuhan Ngaseman

Rabu (19/7/2023) Padukuhan Ngaseman yang terletak di Kalurahan Hargorejo Kapanewon Kokap mengadakan kegiatan Merti Padukuhan. Kegiatan ini merupakan salah satu budaya sebagai wujud ucapan syukur kepada sang pencipta yang telah memberikan rezeki kesehatan dan hasil bumi yang melimpah. Merti padukuhan ngaseman diawali dengan berbagai kegiatan seperti bersih-bersih lingkungan, menguras sumber mata air dan bersih makam maupun situs peninggalan, serta berziarah kubur ke makam sesepuh Padukuhan Ngaseman yang telah meninggal.

Rangkaian acara berikutnya adalah acara kirab budaya dan kepungan. Pelaksanaan kirab Budaya dengan mengangkat tema “Lebdo ing Karyo, Nyawiji ing Roso, Anggayuh Aruming Rukun kang Santoso”, hal tersebut mampak pada spanduk yang dibawa saat kirab yang berada di barisan terdepan. Barisan berikutnya adalah pasukan prajurit bergada, kemudian gunungan hasil bumi yang diikuti oleh semua warga masyarakat. Dengan pakaian berbusana adat jawa peserta kirab membawa berbagai hasil bumi serta gunungan polowijo . Peserta kirab berjalan kaki dari wilayah Rt 022 Rw 06 Padukuhan Ngaseman serta melewati depan pasar kokap menuju titik finish di wilayah Rt 028 Rw 07. Kirab budaya diikuti oleh seluruh warga masyarakat Padukuhan Ngaseman .

Semua rangkaian kegiatan di atas dilakukan dengan cara bergotong royong sebagai bukti guyup rukun antar warga dan penuh tanggung jawab, tutur Puji Fatmawati, selaku Dukuh Ngaseman disaat malam puncak Merti Padukuhan berlangsung. Acara tersebut dapat berjalan lancar dan aman, tentunya dibantu pengamanan oleh Linmas Hargorejo, Polsek Kokap ban koramil Kokap (Agus S)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image