You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Edukasi bagi Generasi Muda Menghindari Pengaruh untuk Merokok

Admin Hargorejo 06 Juni 2023 Dibaca 72 Kali
Edukasi bagi Generasi Muda Menghindari Pengaruh untuk Merokok

Sebagaimana diketahui bahwa di penghujung bulan Mei, tepatnya 31 Mei lalu merupakan Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (World No Tobacco Day). Peringatan ini ditujukan agar masyarakat meningkatkan kesadaran akan bahaya dan risiko kesehatan yang diakibatkan oleh penggunaan tembakau.
Seluruh lapisan masyarakat dapat berkontribusi terhadap antisipasi dan mengurangi pengaruh merokok tembakau, termasuk dengan memberikan edukasi kepada generasi muda. Anak dan remaja memang memiliki rasa ingin tahu yang besar dan tidak ragu untuk coba-coba. Namun, tidak jarang pula ada yang kecanduan merokok. Untuk menghindari pengaruh merokok bagi generasi muda, beberapa hal berikut dapat dilakukan.

1. Memberi contoh dan teladan
Bagi orang tua atau orang terdekat, menghindari kebiasaan merokok dapat dicontohkan kepada anak atau generasi muda agar mereka dapat belajar berperilaku dan mengambil keputusan untuk menghindari merokok.

2. Pendidikan Bahaya Merokok
Pengetahuan mengenai bahaya dan dampak negatif dari merokok perlu dilakukan sejak usia dini. Dalam menyampaikan pengetahuan tersebut, dapat mengambil contoh sederhana, seperti menyamakan harga rokok sama dengan harga dari barang tertentu milik anak.

3. Membangun Komunikasi
Membangun komunikasi dan memberikan kepercayaan kepada anak akan melatihnya bertanggung jawab agar tetap amanah atas segala nasihat dan nilai yang ditanamkan melekat pada anak. Anak juga dapat berkonsultasi dengan siapa saja ia berteman, apa saja yang pernah ia lihat dan dengar tentang rokok, dan informasi yang pernah ia dapat mengenai dampak negatif rokok.

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak
Anak harus tahu bahwa merokok bukan satu-satunya cara supaya diterima dalam pergaulan. Ia juga harus percaya diri bahwa ada orang dan teman lain yang mau menerima dirinya apa adanya. Latih anak untuk jangan malu mengatakan bahwa dirinya bukan perokok.

5. Hobi Selain Merokok
Anak muda dapat melakukan hal - hal positif selain merokok, seperti olahraga, membaca, atau hobi lain yang menyehatkan. Mengonsumsi sayur dan buah juga dapat membantu mengalihkan keinginan untuk merokok.

Dengan beberapa hal tersebut, diharapkan dapat menjadi referensi bagi generasi muda maupun kerabat dekat dari anak muda agar dapat menghindari pengaruh merokok serta semakin positif dalam keseharian. (Annisa Istika)

Referensi : P2PTM Kemenkes RI
hellosehat.com - 7 Cara Terbaik Menjauhkan Anak dari Rokok

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image