You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Sumber Karbohidrat Selain Nasi

Admin Hargorejo 05 April 2023 Dibaca 98 Kali
Sumber Karbohidrat Selain Nasi

Karbohidrat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah senyawa organik, hidrogen, dan oksigen yang terdiri atas satu molekul gula sederhana atau lebih. Karbohidrat merupakan sebuah bahan makanan penting dan berfungsi sebagai sumber tenaga yang banyak terdapat dalam tumbuhan dan hewan.

Perlu dipahami bahwa setiap makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh terhadap kondisi fisiologis tubuh. Oleh karena itu, setiap individu memerlukan makanan sebagai sumber energi untuk beraktifitas. Namun, sebagian besar orang hanya mengenal nasi sebagai satu-satunya sumber karbohidrat. Padahal masih banyak sumber karbohidrat selain nasi, seperti:
a. Kentang 
b. Singkong 
c. Ubi jalar 
d. Talas 
e. Sagu 
f. Sukun 
g. Jagung

Beberapa sumber karbohidrat selain nasi di atas masih tergolong mudah untuk dijumpai. Selain itu, biasanya masyarakat Indonesia menggunakan komoditas bahan makanan pokok yang dominan terdapat di daerah mereka. Seperti contoh masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya Kabupaten Gunung Kidul seringkali mengonsumsi "Thiwul" yang terbuat dari gaplek atau singkong kering.

 

Penulis : Annisa Istika ( AS)

Sumber :

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan RI

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image