You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Pertemuan Lansia Padukuhan Anjir : Lansia Tetap Bugar di Bulan Ramadhan

Admin Hargorejo 03 April 2023 Dibaca 103 Kali
Pertemuan Lansia Padukuhan Anjir : Lansia Tetap Bugar di Bulan Ramadhan

Hargorejo (01/04/2023). Memasuki bulan April 2023, kelompok lansia Padukuhan Anjir melaksanakan pertemuan rutin di Pendopo Padukuhan Anjir. Beranggotakan kurang lebih 40 orang, acara dimulai pukul 07.30 WIB.

Khusus bulan Ramadhan, senam yang biasa dilaksanakan sebelum pertemuan ditiadakan. Pertemuan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars lansia, yang kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan lansia, meliputi cek tensi darah dan berat badan. Tak lupa sesi pemberian informasi dan edukasi yang dilakukan oleh kader lansia padukuhan Anjir.

Meskipun dilaksanakan di bulan Ramadhan, antusias para lanjut usia di Padukuhan Anjir tidak berkurang. Bagaimana kiat agar lanjut usia dapat tetap bugar meski di bulan Ramadhan? Simak ulasan berikut.

1. Memperbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi.

2. Menjaga pola makan dengan asupan gizi yang seimbang. Hal tersebut dapat dibantu oleh anggota keluarga untuk menyiapkan hidangan lansia dengan kandungan gizi yang mencukupi.

3. Memastikan kondisi kesehatan. Hal tersebut sangat penting untuk mengetahui apakah kondisi lansia siap atau tidak untuk berpuasa.

4. Olahraga ringan. Lansia perlu tetap bergerak aktif untuk menjaga kebugaran. Aktivitas fisik yang ringan dapat dilakukan sambil menunggu waktu berbuka tiba, seperti peregangan atau jalan-jalan kecil untuk melancarkan peredaran darah dan mengendurkan otot-otot.

5. Tidur yang cukup. Lansia tetap memerlukan waktu tidur yang cukup untuk menjaga kondisi dari kelelahan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara tidur siang selama 1 hingga 2 jam, serta tidur malam lebih awal. Dapat juga mengonsumsi air hangat atau susu sebelum tidur.

Dengan beberapa kiat tersebut, diharapkan lansia tetap dapat produktif, baik dalam keadaan berpuasa maupun tidak. Usia lanjut bukan menjadi halangan untuk melakukan aktivitas sehat, mandiri, dan bahagia.

 

Penulis : Annisa Istika

Sumber : Tempo.co - Kiat Puasa Ramadan Aman dan Sehat bagi Lansia

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image