You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Pemuda dan Perannya di Bulan Ramadhan

Admin Hargorejo 03 April 2023 Dibaca 150 Kali
Pemuda dan Perannya di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinanti oleh seluruh umat muslim. Bulan di mana umat muslim merasakan nikmatnya berpuasa, meskipun harus menahan lapar dan dahaga hingga amarah dan hawa nafsu. Selain itu, banyak aktivitas yang merupakan sunnah di bulan Ramadhan, seperti mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka, shalat tarawih, bersedekah, memperbanyak doa dan tadarus Al-Qur'an, juga i'tikaf di 10 hari terakhir Ramadhan.

Banyak kalangan di berbagai daerah juga melaksanakan kegiatan berbuka puasa bersama, tak terkecuali di masjid-masjid serta musholla di Padukuhan Anjir, Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap. Pada pelaksanaan buka puasa bersama, tidak terlepas dari peran pemuda di dalamnya. Pemuda dilibatkan untuk ikut berpartisipasi dan membantu kelancaran buka puasa bersama, seperti menyiapkan hidangan takjil dan minuman menjelang waktu berbuka, mendistribusikannya kepada jamaah buka puasa, mengisi ulang air minum dan menyajikan makanan utama untuk dinikmati bersama setelah shalat Maghrib berjamaah, hingga secara bersama-sama membersihkan peralatan yang telah dipakai untuk kembali digunakan pada acara buka bersama selanjutnya. Selain itu, pemuda juga dapat mengambil takjil dari lokasi pembuatan takjil untuk dibawa ke masjid/musholla apabila diperlukan bantuan.

Pemuda sebagai agen perubahan, dianggap memiliki kemampuan untuk merancang kelangsungan sebuah kegiatan dengan baik. Selain karena usia yang masih produktif, pola pikir serta sikap yang ulet dan cekatan memberikan ruang gerak yang lebih luas bagi pemuda. Hal tersebut memungkinkan pemuda dalam memberikan kontribusi tenaga juga pikiran untuk sebuah kegiatan, termasuk buka puasa bersama di bulan Ramadhan. (Annisa Istika)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image