You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Warna-Warni Kegiatan TPA di Mushola Al Bayan Gunung Rego

Admin Hargorejo 17 April 2023 Dibaca 91 Kali
Warna-Warni Kegiatan TPA di Mushola Al Bayan Gunung Rego

Dalam rangka mendidik generasi mulim yang cinta akan ajaran agama Islam, TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) berperan penting dalam membentuk karakter generasi bangsa yang religius. Berbagai materi keagamaan biasa diajarkan oleh para pendidik TPA seperti tajwid (cara membaca Al-Qur’an yang benar), fikih, akidah akhlak dan sebagainya. Begitu juga dengan salah satu TPA yang ada di Kalurahan Hargorejo, yaitu TPA Mushola Al Bayan Padukuhan Gunung Rego.

TPA di Mushola Al Bayan diadakan sebanyak 3 kali seminggu, yaitu pada hari Senin, Rabu, dan Sabtu. Materi yang diajarkan yaitu pengajian Al-Qur’an dan Iqro, kitab kuning, tajwid, asmaul husna serta pesholatan. Pada hari Senin, jadwal mengaji adalah ngaji Al-Qur'an dan Iqro serta hafalan surat-surat pendek. Untuk hari Rabu, materi yang diajarkan adalah pengajian Al Qur'an dan Iqro, pesholatan serta ngaji kitab Ta’lim Muta’allim karya  Syaikh Buhanuddin al-Islam al-Zarnuji yang berisi tentang metode belajar,  tujuan belajar, prinsip belajar, strategi belajar dan materi lain terkait adab-adab menuntut ilmu. Sedangkan pada hari Sabtu, para santri diajarkan tentang  membaca Al-Qur'an dan Iqro, tajwid serta Asmaul Husna.

Khusus pada Bulan Ramadhan, setelah pengajian pada hari Sabtu, acara dilanjutkan dengan buka bersama serta sholat Tarawih berjamaah dan tadarus Al-Qur’an bersama. Pendidik yang mengajar di TPA ini antara lain Ibu Marfu'ah, Daliyah,  Lilis fiani dan Marita. Selama kegiatan di TPA, puluhan anak baik laki-laki maupun perempuan senantiasa mengikuti kegiatan dengan semangat.

 

 

Penulis : Ajru F.

Sumber : Agus S

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image