You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Potret Malam Nuzulul Qur’an di Mushola Al Bayan Gunung Rego

Admin Hargorejo 17 April 2023 Dibaca 91 Kali
Potret Malam Nuzulul Qur’an di Mushola Al Bayan Gunung Rego

Memasuki tanggal 17 bulan Ramadhan, umat muslim biasa memperingati  malam pada tanggal tersebut sebagai malam Nuzulul Qur’an. Pada malam tersebut, Allah SWT akan melipatgandakan pahala bagi umat-Nya yang melaksanakan ibadah.  Ibadah-ibadah yang sering dilakukan seperti membaca Al-Qur'an, I’tikaf (berdiam diri) di masjid, melaksanakan shalat malam serta berdoa baik secara individu maupun dilakukan bersama-sama.

Pada malam Jumat Kliwon (13/04/2023), seusai shalat tarawih, sejumlah kurang lebih 50 orang memadati Mushola Al Bayan Padukuhan Gunung Rego. Warga berbondong-bondong mendatangi masjid untuk mengikuti acara Nuzulul Qur'an yang diadakan di mushola tersebut. Peringatan malam Nuzulul Qur’an diisi dengan prosesi khataman Al Qur'an, ceramah serta do’a bersama. Acara tersebut dimulai pada pukul 20.30 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Acara ceramah diisi oleh Kyai Parman dari Siluwok, Tawangsari, Kulon Progo. Pada kesempatan itu, beliau menjelaskan tentang berbagai macam keutamaan malam Nuzulul Qur’an.

Meski diadakan pada malam hari, para warga baik laki-laki maupun perempuan tampak antusias mengikuti acara dari awal hingga akhir. Bahkan terlihat sejumlah anak dan lansia juga turut mengikuti acara tersebut. Semuanya seakan menandakan bahwa pada malam Nuzulul Qur’an, semangat beribadah lebih terpacu dengan segala keutamaan pada malam tersebut.

 

 

Penulis : Ajru F.

sumber : Marita

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image