You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Lahan Minimalis? Vertical Garden Aja!

Admin Hargorejo 13 April 2023 Dibaca 89 Kali
Lahan Minimalis? Vertical Garden Aja!

Di zaman yang modern ini berbagai inovasi dan teknologi semakin maju dan terbarukan. Berbagai peralatan canggih perlahan mulai hadir untuk mempermudah kehidupan manusia. Selain itu, segala keterbatasan dan permasalahan yang ada mulai muncul solusi, salah satunya adalah masalah keterbatasan lahan. Kini, seseorang yang memiliki lahan minimalis masih tetap dapat memiliki taman dengan indah. Bagaimana solusinya? Ya, solusinya adalah vertical garden.

Taman vertikal atau vertical garden adalah sebuah inovasi media tanam dengan tanaman yang ditata ke atas secara vertikal dalam bidang tegak lurus atau mendekati tegak lurus. Biasanya media yang digunakan adalah dinding. Namun, jangan salah paham dulu. Ternyata vertical garden ini juga tak kalah cantik dengan taman seperti biasanya. Justru beberapa apartemen, kantor-kantor, dan hotel menggunakan vertical garden sebagai hiasan agar tercipta nuansa estetika. 

Cara untuk menanam tanaman dengan metode vertical garden juga terbilang cukup mudah sebagai berikut:

1. Pilihlah dinding yang mendapatkan suplai sinar matahari yang cukup, kelembaban yang pas, dan angin yang stabil. Atau dapat juga menggunakan batang pohon.

2. Buatlah kerangka. Disarankan menggunakan pipa PVC 3/4 inci atau kawat tebal, siku, dan sambungan empat arah untuk membuat bingkai. Selain itu juga disarankan agar bingkai ini tidak menggunakan material logam karena berat dan tergolong mahal. Tidak disarankan pula menggunakan material kayu karena akan memerlukan perlakuan lebih untuk melindunginya dari kelembaban. Jika ingin memulai dengan benda sederhana, dapat juga menggunakan botol bekas.

3. Pasanglah terpal plastik lalu tempelkan selembar plastik ke bingkai. Plastik ini berfungsi sebagai penyangga untuk lapisan kain sekaligus menahan air dari dinding atau pohon.

4. Pilihlah jenis tanaman yang akan ditanam. Anda bisa langsung menentukan tanaman apa saja yang akan menghiasi taman vertikal milik Anda. Bisa bunga sulur atau sayuran seperti sawi dan daun bawang atau seledri.

Itulah beberapa cara untuk menanam tanaman dengan metode vertical garden. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
(AS)

Sumber : pinhome.id - vertical garden

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image