You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Mencegah Food Waste dari Rumah

Admin Hargorejo 10 April 2023 Dibaca 103 Kali
Mencegah Food Waste dari Rumah

Apakah yang dimaksud dengan food waste? mungkin sebagian orang sangat jarang mendengar istilah tersebut. Namun, dalam artikel ini kita akan mencoba mengulik seluk beluk mengenai food waste. Food waste menurut Linpinski et al 2013 adalah setiap makanan yang memiliki kualitas baik dan dapat dikonsumsi manusia tetapi karena alasan tertentu menjadi tidak dikonsumsi dan tidak dimanfaatkan. 

Food waste tentunya memiliki beberapa dampak negatif, di antaranya adalah kerusakan ozon akibat dari gas metana dan karbondioksida yang dihasilkan dari food waste itu sendiri. Selain itu, ancaman kelangkaan atau krisis pangan juga menjadi dampak yang cukup serius dan perlu mendapat perhatian khusus karena tingginya sumber makanan yang tidak diproduksi dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Terdapat beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan dari rumah untuk mencegah agar food waste tidak menjadi sebuah fenomena yang tidak terkendali dan menjadi masalah yang berkelanjutan. Beberapa cara tersebut sebagai berikut:
a. memproduksi masakan sesuai dengan kebutuhan
b. mengolah sisa makanan menjadi kompos agar lebih bermanfaat.
c. melakukan food preparation (menyiapkan bahan makanan dan daftar menu sebelum memasak) untuk menghindari pemborosan bahan makanan.
d. belanja sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa cara tersebut tidaklah mungkin dapat terwujud tanpa kesadaran yang ada dalam diri masing-masing. Yuk, bersama-sama mencegah food waste.

 

 

Penulis : Annisa Istika (AS)

Sumber : diskapang.ntbprov.go.id

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image