You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Makna Kebersamaan di Bulan Ramadhan

Admin Hargorejo 10 April 2023 Dibaca 154 Kali
Makna Kebersamaan di Bulan Ramadhan

Momentum Ramadhan adalah hal yang sangat penting untuk mendekatkan diri kepada Allah, mensucikan hati, serta berlatih untuk menahan amarah dan hawa nafsu. Selain itu, ramadhan juga dapat menjadi masa yang tepat untuk membangun kebersamaan warga masyarakat demi kualitas ibadah yang lebih baik lagi. Tidak hanya hubungan antara manusia dengan Allah (habluminallah), Ramadhan juga dapat memperbaiki hubungan sesama manusia (habluminannas).

Dalam kehidupan sosial, puasa Ramadhan menjadi sarana untuk memperbaiki hubungan antarmanusia yang sempat terputus atau kurang harmonis. Dalam bulan Ramadhan, umat muslim diajarkan untuk memaafkan kesalahan sesama, saling menghormati dan menjaga keharmonisan dalam hubungan sesama manusia.

Keharmonisan yang dapat terjalin pada bulan Ramadhan melalui kegiatan positif yang bermanfaat, di antaranya adalah :
1. Shalat tarawih berjamaah, baik di masjid, langgar, maupun musholla.
2. Buka dan sahur bersama, yang sering dilaksanakan di tempat ibadah maupun di pinggir-pinggir jalan (on the road). Selain menjalin kebersamaan, kegiatan ini juga menjadi sarana untuk berbagi kebaikan dan bershodaqoh.
3. Tadarus Al-Qur'an, biasanya kegiatan ini dilakukan selepas shalat tarawih. Kegiatan ini juga menghadirkan banyak kebaikan, salah satunya adalah membangun kebersamaan dan kerja sama untuk menyelesaikan tadarus.
4. Khotmil Qur'an. Kegiatan ini biasanya diisi dengan pengajian, dilaksanakan setelah tadarus selesai dan kebersamaan ini terjalin tidak hanya sesama jamaah, namun juga antarjamaah dari beberapa tempat ibadah sekitar.
5. Kultum. Meskipun singkat, kultum juga merupakan penyampaian wawasan beragama untuk jamaah, juga membantu menjalin ukhuwah.

Ramadhan merupakan bulan baik dan memberikan kesempatan kepada kita semua untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah serta menjalin kebersamaan di masyarakat.

 

 

Penulis : Annisa Istika

Sumber : kompasiana.com - Menyingkap Makna Spiritual di Balik Kebersamaan Berpuasa

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image