You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Menjaga Kebersihan Laut dari Dataran Tinggi

Admin Hargorejo 27 Maret 2023 Dibaca 143 Kali
Menjaga Kebersihan Laut dari Dataran Tinggi

Lautan merupakan suatu wilayah yang memiliki ruang perairan dengan proporsi lebih besar dibandingkan daratan. Meskipun manusia berdomisili di daratan, semua orang berkewajiban untuk tetap menjaga kebersihan laut maupun perairan di daratan yang bermuara ke lautan.
Letak geografis Kabupaten Kulon Progo terdiri atas dataran tinggi berupa pegunungan serta dataran rendah dan pesisir. Sebagai masyarakat Kulon Progo, kita semua memiliki kewajiban untuk menjaga lingkungan, baik dataran tinggi maupun dataran rendah.

Saat ini, terdapat beberapa sampah yang tersebar sepanjang bibir pantai di beberapa lokasi pantai di Kulon Progo. Sampah tersebut dapat bersumber dari beberapa hal, yaitu sampah wisatawan pantai maupun berasal dari daerah hulu, seperti sampah dari pegunungan yang terbawa aliran sungai.

Kalurahan Hargorejo merupakan salah satu wilayah di Kapanewon Kokap yang memiliki kondisi geografis pegunungan dan dataran rendah, namun tidak terletak di dekat pesisir. Meskipun begitu, masyarakat Hargorejo tetap dapat berkontribusi dalam menjaga kebersihan laut dari sampah, terutama untuk antisipasi sampah yang bersumber dari daerah hulu. Bagaimana cara menjaga kebersihan laut dari daerah yang jauh dari pantai? Berikut penjelasannya.

1. Menutup 'kran' sampah di aliran sungai
Sungai menjadi jalur utama sampah untuk berakhir di lautan. Oleh karena itu, mencegah kebocoran sampah dari darat agar tidak masuk ke aliran air dan sungai adalah wajib dengan cara tidak membuang sampah apapun, terutama yang tidak dapat terurai ke aliran sungai.

2. Memangkas produksi sampah
Mengurangi sampah dari sumber harus dilakukan secara paralel mulai dari tingkat individu. Hal tersebut dapat dimulai dengan berpindah menuju gaya hidup yang lebih minim sampah, mengurangi penggunaan barang sekali pakai yang berisiko meningkatkan sampah, serta menggunakan barang yang dapat dipakai secara berulang.

3. Menerapkan Konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle)
Selain mengurangi sampah dan menggunakan kembali barang-barang yang masih dapat dipakai, mendaur ulang sampah juga diperlukan dengan produktif dan bertanggung jawab. Daur ulang sampah dapat diterapkan melalui mekanisme bank sampah atau komunitas pendaur ulang sampah.

4. Penggunaan Trash Boom atau Jaring di Sungai
Pencegahan Sampah daratan ke laut juga dapat dilakukan secara teknis menggunakan jaring atau Trash Boom yang dipasang melintang untuk menangkap sampah-sampah yang ada di sungai.

Dengan beberapa cara tersebut, diharapkan masyarakat dataran tinggi atau daerah hulu, termasuk masyarakat Kalurahan Hargorejo dapat berkontribusi terhadap pengurangan sampah laut dan menjaga kebersihan laut. (Annisa Istika)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image