You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO I SOSIAL MEDIA : Instagram @kalurahan_hargorejo I Twitter @pemkalhargorejo I Youtube : Kalurahan Hargorejo

Rutinan Shalawat, Ajang Mendekatkan Diri Pada Ilahi dan Silaturrahmi

Admin Hargorejo 15 Maret 2023 Dibaca 177 Kali
Rutinan Shalawat, Ajang Mendekatkan Diri Pada Ilahi dan Silaturrahmi

Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Setiap agama masing-masing memiliki ritual sendiri sebagai wujud pendekatan diri. Bagi umat Islam, selain mendekatkan diri kepada Ilahi, bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW yang merupakan utusan Allah juga sangat penting untuk dilakukan. Bershalawat dapat dilakukan secara individu selepas melaksanakan ibadah wajib maupun secara kolektif melalui kegiatan rutinan yang diadakan oleh jama’ah Masjid atau kelompok rohani.

Begitu juga yang dilakukan oleh warga Padukuhan Ngaseman, Hargorejo pada Malam Ahad Pahing (12/3/2023), masyarakat tampak antusias mengikuti kegiatan sholawatan. Acara yang diadakan  secara rutin setiap satu bulan sekali tersebut diadakan di rumah Bapak Suyanto, warga RT 25 RW 07 Padukuhan Ngaseman. Selain untuk kebutuhan religi, acara tersebut juga dimaksudkan sebagai ajang silaturahmi untuk mempererat tali persaudaraan dan kekompakan. Sejumlah 20 orang warga hadir dalam acara tersebut, mulai dari ibu-ibu dan bapak-bapak hingga anak-anak.

Yang membuat suasana menjadi meriah, acara shalawatan bersama ini diiringi dengan music rebana. Alat music rebana sendiri terdiri dari rebana ketimpring , rebana kasidah, rebana dor, rebana hadroh  dan rebana biang. Kelima alat tersebut dimainkan sesuai nada sholawat yang dinyanyikan. Dengan demikian, iringan musik menjadi serasi dengan lantunan shalawat dan bisa mengantarkan hati para jamaah menuju Ilahi dan Rasul-Nya. (Ajru F)

Sumber : Marita T

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image