You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO I SOSIAL MEDIA : Instagram @kalurahan_hargorejo I Twitter @pemkalhargorejo I Youtube : Kalurahan Hargorejo

Disdagin Kulon Progo Adakan Bimtek Olahan Biofarma di Gunung Rego

Admin Hargorejo 14 Maret 2023 Dibaca 129 Kali
Disdagin Kulon Progo Adakan Bimtek Olahan Biofarma di Gunung Rego

Bertempat di sekretariat IKM Tegar Lestari  Padukuhan Gunung Rego yang juga rumah Ibu Tri Suratminah, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo melaksanakan bimbingan teknis berupa pelatihan membuat olahan biofarma pada Selasa (14/3/2023). Kegiatan ini diikuti oleh 15 orang pelaku usaha IKM yang tergabung dalam IKM Tegar Lestari.

IKM Tegar Lestari ini biasa memproduksi produk olahan biofarma seperti kunir asem, beras kencur, dan sebagainya. Pelatihan ini menghadirkan pemilik sentra IKM Biofarma Pengasih, Ibu Siti dari  Kalurahan Margosari sebagai narasumber. Rencananya, pelatihan tersebut akan diadakan selam 3 hari berturut-turut, yaitu mulai tanggal 14 sampai dengan 16 Maret 2023 dengan materi yang berbeda. Sedangkan bahan-bahan yang digunakan dalam pelatihan ini adalah rempah-rempah seperti kunyit, jahe, kencur, jeruk nipis dan serai serta gula jawa yang diproduksi sendiri oleh IKM Tegar Lestari.

Kegiatan pelatihan  olahan biofarma ini dihadiri oleh beberapa pamong kalurahan, yaitu Ulu-Ulu dan Dukuh Gunung Rego. Selain mendapat pembelajaran secara teoritis, peserta juga diajak untuk langsung mempraktekkan cara pembuatan dan pengolahan biofarma.

Dalam pernyataannya, Ulu-Ulu Hargorejo, Savira Dwi Cahyani menyatakan bahwa dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan agar masyarakat lebih pintar dan menjadi lebih ter-berdaya-kan. Selain itu, dengan mendapat keterampilan dalam pengolahan biofarma masyarakat juga dapat menghidupi keluarga dan mengembangkan ekonomi produktif di sekitar lingkungannya.

 

 

Penulis : Ajru F.

Sumber : Savira DC.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image