You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Kilas Balik Penyuluhan Bibit Kelapa Genjah, Berikut Keunggulannya!

Admin Hargorejo 10 Maret 2023 Dibaca 117 Kali
Kilas Balik Penyuluhan Bibit Kelapa Genjah, Berikut Keunggulannya!

Satu tahun yang lalu, tepatnya pada 6 Februari 2022, kelompok 075 KKN dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan penyuluhan bibit kelapa genjah kepada pelaku penderes di Padukuhan Anjir. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat penderes di Padukuhan Anjir dalam menekuni profesinya, serta memberikan wawasan mengenai peluang dan potensi kelapa genjah. Sebenarnya, apa itu Kelapa Genjah?

Kelapa Genjah merupakan salah satu varietas tanaman kelapa yang memiliki ukuran batang pendek dan memiliki buah yang banyak dalam satu pohon. Melalui program yang dibentuk oleh Kementerian Pertanian atas arahan Presiden, yaitu pengembangan Kelapa Genjah Nasional. Program tersebut bertujuan untuk memperkuat perekonomian nasional dan ketahanan pangan masyarakat dalam menghadapi ancaman krisis pangan dunia.

Komoditas kelapa genjah menjadi salah satu tanaman unggulan yang dibudidayakan dan menjadi pilihan bagi petani Indonesia karena dianggap memiliki keunggulan dibanding jenis kelapa biasa. Beberapa keunggulan kelapa genjah, di antaranya :
1. Tanaman lambat meninggi, memiliki ukuran batang pendek sekitar 5 meter atau lebih
2. Umur produktif sekitar 25 sampai dengan lebih dari 50 tahun
3. Cepat berbuah sekitar 3-4 tahun
4. Buah berbentuk lonjong dengan ukuran kecil, serta jumlah yang sangat banyak pada tiap tandan
5. Kualitas buah kelapa yang bagus
6. Daging buah lembut
7. Beberapa jenis kulit buah berwarna hijau segar
8. Kandungan air kelapa lebih banyak

Sama seperti kelapa lainnya, kelapa genjah juga dapat dimanfaatkan untuk kelapa segar, santan, minyak, gula semut, dan tempurungnya dapat dijadikan arang untuk diekspor. Dengan beberapa keunggulan kelapa genjah, maka pengembangan komoditas kelapa genjah dinilai berpotensi, khususnya di wilayah Kalurahan Hargorejo yang cocok untuk budidaya tanaman kelapa.

 

Penulis : Annisa Istika

Sumber : Kementerian Pertanian

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image