You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Optimalisasi Lahan Terbatas Sebagai Lahan Pangan

Admin Hargorejo 28 Februari 2023 Dibaca 121 Kali
Optimalisasi Lahan Terbatas Sebagai Lahan Pangan

Dalam mencukupi kebutuhan pangan, setiap rumah tangga akan berusaha mencukupinya melalui berbagai cara, baik mengusahakan sendiri melalui produksi tanaman pangan ataupun membeli bahan pangan dengan sejumlah uang.

Warjiyo salah satu warga padukuhan Anjir Kalurahan Hargorejo Kapanewon Kokap memanfaatkan lahan terbatas di dekat rumahnya menjadi lahan produktif. Lahan yang pas-pasan tersebut disulap menjadi lahan yang ditanami sayur mayur seperti terung, tomat, cabe rawit dan kangkung. Dengan kejelianya dan keterampilanya dalam mengolah lahan Bapak dari 3 anak ini mampu mengurangi pengeluaran anggaran rumah tangganya dalam memenuhi kebutuhan dapur serta menambah pemasukan ekonomi keluarga dan menunjang ketahanan pangan keluarga.

Penulis berharap semakin banyak masyarakat yang berinisiatif untuk bercocok tanam di pekarangan  untuk mencukupi kebutuhan sayur dan bumbu dapur (warung hidup). Pekarangan memiliki potensi yang besar dalam mendukung ketahanan pangan rumah tangga, karena jika dimanfaatkan secara optimal, dapat menjadi sumber gizi keluarga dalam hal pemenuhan vitamin dan mineral. (Agus/Yuli S)

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image