You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Komunikasi  Dengan Anak Di Era Digital

Admin Hargorejo 22 Februari 2023 Dibaca 112 Kali
Komunikasi  Dengan Anak Di Era Digital

Perkembangan teknologi saat ini menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Kita dibanjiri dengan berbagai peralatan canggih untuk memudahkan segala urusan. Semua informasi sekarang berada dalam genggaman kita. Cukup dengan menggerakkan jari, kita bisa mendapatkan apa yang ingin kita tau. Semua ini bisa kita lakukan hanya dengan menggunakan handphone sambil duduk santai dan nonton film kesukaan kita.

Perkembangan teknologi ini perlu kita waspadai. Bagaikan pisau bermata dua, apabila kita tidak bijak dalam menggunakannya maka kita akan dirugikan. Kita harus hati-hati dan menyaring informasi yang kita dapatkan. Akan tetapi apabila kita bisa memanfaatkannya kita dapat berbagai kemudahan dan keuntungan dari perkembangan teknologi ini.

Di era digitalisasi ini merupakan sebuah tantangan besar bagi setiap orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Hal ini dikarenakan teknologi memang tidak bisa dijauhkan dari keseharian, tak terkecuali pada anak-anak.  Anak sangat mudah sekali beradaptasi dengan teknologi baru dibandingkan orang tuanya sendiri. Fenomena ini perlu di waspadai karena kita tidak tau apa yang mereka akses selama berselancar di media sosial.

Karena keseringan bermain gadget kadang anak jadi lebih nyaman di dunia maya daripada bersosialisasi langsung dengan teman sebayanya. Kita sering menjumpai di tongkrongan, mereka berkumpul tetapi asik dengan gadget masing-masing. Kebiasaan ini juga akan terbawa saat mereka di rumah. Hal ini tentunya berperangaruh terhadap pola komunikasi anak dengan orang tuanya. Orang tua harus beradaptasi dengan perkembangan jaman sehingga tidak ketinggalan dan mampu memantau aktifitas anaknya saat berada di dunia maya.

Peran orang tua saat ini tidak hanya cukup dengan membesarkan anak dan memastikan tumbuh sehat saja. Orang tua harus selalu membangun komunikasi yang sehat dan efektif dengan anak. Orang tua harus bisa menempatkan dirinya sebagai teman sebayanya yang mau mendengarkan semua keluh kesahnya tanpa menghakimi. Selain itu orang tua juga harus sering mendiskusikan dengan anak mengenai aktifitas mereka menggunakan internet. Oleh karena itu kita harus mengenali bahasa digital anak.

Kendati kita harus memahami dan mengenali aktifitas anak saat di internet tetapi tidak disarankan untuk menstalking atau memata-matai anak di media sosial karena akan mengurangi rasa percaya anak kepada orang tuanya. Memberikan kepercayaan kepada anak merupakan kunci untuk membangun kedekatan dengan anak. Orang tua diwajibkan memberikan contoh yang baik kepada anak saat menggunakan internet. Dengan mencontohkan langsung maka anak tidak merasa digurui.

 

 

Sumber :

https://dndsandyra.com/pentingnya-komunikasi-anak-dan-orang-tua-di-era-digital

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image