You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Pentingnya Menjaga Metabolisme Tubuh

Admin Hargorejo 13 Februari 2023 Dibaca 174 Kali
Pentingnya Menjaga Metabolisme Tubuh

Setiap orang pasti mendambakan selalu sehat dan memiliki badan yang bugar. Berbagai usaha dilakukan untuk mewujudkan impiannya tersebut. Kesehatan merupakan hal yang utama yang harus dimiliki oleh setiap orang. Kesehatan tidak hanya kesehatan fisik saja tetapi juga harus sehat secara psikis. Menjaga kesehatan tubuh penting dilakukan agar kita bisa beraktivitas dengan prima. Terutama setelah adanya masa pandemi, menjaga kesehatan tubuh menuntut perhatian dan upaya yang berkali-kali lipat lebih besar dibandingkan sebelumnya. Cara menjaga kesehatan tubuh yang tepat pada dasarnya berfokus pada memberikan tubuh dengan apa yang sejatinya dibutuhkan dan menghindarkannya dari hal-hal yang berisiko merusak fungsinya. Dengan memiliki tubuh yang sehat maka harapan hidupnya akan lebih panjang.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi D.I. Yogyakarta angka harapan hidup warga Kulon Progo tahun 2022 adalah 75.28 tahun diatas rata rata warga DIY yang 75.08 tahun. Sedangkan Umur harapan hidup (UHH) penduduk Indonesia saat lahir mencapai 71,85 tahun. Hal ini tentunya merupakan kabar membahagiakan tetapi jangan sampai terlena dengan data tersebut.

Untuk menjaga Kesehatan, kita bisa mulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Seringkali kita terpaku untuk melakukan perubahan besar sekaligus tetapi ternyata hanya sebatas rencana tanpa ada realisasinya. Terus apa yang sebaiknya kita lakukan untuk menjaga Kesehatan dan metabolisme tubuh?

Sebelum masuk lebih jauh, pertama tama kita harus memahami terlebih dahulu apa itu metabolisme. Metabolisme adalah reaksi kimia dalam sel tubuh yang mengubah makanan dan minuman menjadi energi. Tubuh membutuhkan energi untuk melakukan segala aktivitas, mulai dari bernapas, bergerak, berpikir, mengedarkan darah, menumbuhkan serta memperbaiki sel, hingga tidur. Setiap orang memiliki perbedaan kebutuhan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan jumlah kalori setiap orang antara lain : masa otot, jenis kelamin, usia, gen dan aktifitas yang dilakukannya.

Disaat seseorang memiliki metabolisme tubuh yang baik maka secara alamiah tubuh akan membentuk antibody yang akan menangkal segala macam virus maupun penyakit. Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk memperkuat metabolisme tubuh kita.

1. Makan teratur dan perbanyak sayur & protein.

Sebuah penelitian di tahun 2019 membuktikan bahwa pola makan teratur dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan ritme sirkadian, meningkatkan kemampuan tubuh untuk menahan stres, dan mengelola flora usus atau bakteri yang membantu menjaga usus tetap sehat.

2. Makan Cukup Kalori

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, makan terlalu sedikit kalori dapat menyebabkan metabolisme melambat sehingga tubuh menghemat energi. Untuk diketahui, perempuan 19 tahun ke atas membutuhkan 1.600-2.400 kalori per hari, tergantung tingkat aktivitas fisik. Di usia yang sama, pria membutuhkan 2.000-3.000 kalori.

3. Mulai Lakukan Latihan untuk memperkuat fisik

Dengan melakukan latihan fisik yang ringan seperti lari, melakukan peregangan ataupun senam dapat membantu tubuh untuk meningkatkan metabolisme tubuhnya.

4. Kurangi strees dan tidar yang cukup

Saat seseorang mengalami stress maka secara otomatis tubuh akan mengeluarkan hormon kartisol. Hormone kartisol ini merupakan hormon yang mengatur nafsu makan. Orang yang mengalami gangguan makan ditemukan kadar hormone kartisol yang sangat tinggi didalam tubuhnya.

5. Minum air putih yang cukup

Air putih membantu untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi. Air putih juga membantu tubuh membakar lemak lebih baik dari pada karbohidrat

Demikian cara – cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga Kesehatan dan metabolisme tubuh kita agar tetap sehat. Memiliki tubuh sehat maka kualitas hidup akan lebih baik dan bahagia saat berkumpul dengan keluarga tercinta.

 

 

Penulis : Rully

Sumber : https://yogyakarta.bps.go.id/indicator/26/317/1/-metode-baru-umur-harapan-hidup-saat-lahir-uhh-.html

https://ensure.co.id/artikel/nutrisi/cara-meningkatkan-metabolisme-tubuh-secara-alami

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image