You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Pelaksanaan Kegiatan Penyelidikan Epidemiologi

Admin Hargorejo 06 April 2022 Dibaca 329 Kali
Pelaksanaan Kegiatan Penyelidikan Epidemiologi

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat Indonesia. Salah satu upaya penanggulangannya adalah dengan pemutusan rantai perkembangbiakan. Langkah konkretnya adalah dengan diadakanya  Kegiatan Penyelidikan Epidemiologi.

Kegiatan Penyelidikan Epidemiologi (PE) adalah penyelidikan epidemiologi dari aspek Standar Operasional
Prosedur (SOP ), ketenagaan (SDM), sarana, kompensasi, dan penata laksanaan program DBD.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif, analisis dengan menggunakan isi kontent analysis, Teknik pengumpulan data dan dokumen dengan wawancara narasumber dari Puskesmas Kokap 1, serta penelusuran dokumen.

Hari ini Rabu (6/4/2022), perwakilan 2 orang pengampu program DBD, dan 1 petugas surveilans Kalurahan Agus Supriyanto, melakukan penelitian wilayah perbatasan Kalurahan Hargorejo dengan Kalurahan Karangsari Pengasih, tepatnya di Padukuhan Anjir Rt 086 Rw 025 .Perlengkapan yang dibawa dalam penelirtian Epidemiologi terdiri dari note book harian, senter, formulir PE. Dalam pelaksanaannya petugas surveilans  juga sudah memiliki surat tugas  dari Dinas dan Instansi terkait. Kali ini penelitian menyasar rumah Bapak Slamet salah satu warga Rt 086 Rw 025 Anjir dan lingkungan sekitarnya. Dari hasil peneltian hari ini tidak ditemukan warga yang bergejala dan llingkungan tersebut bebas jentik.

Penulis  : Agus S

Editor    : Yuli S

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image