You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Kreatifitas Kelompok Wanita Tani Melati

Admin Hargorejo 05 April 2022 Dibaca 255 Kali
Kreatifitas Kelompok Wanita Tani Melati

Banyak Kelompok Tani di wilayah Kalurahan Hargorejo yang selalu memunculkan ide-ide maupun gagasan positif terkait peningkatan kwalitas maupun produk unggulan di kelompok mereka. Salah satu kelompok wanita tani Hargorejo yang berada di Padukuhan Gunung Rego yaitu KWT Melati ini contohnya, mereka memunculkan ide kreatif yaitu membuat arang dari sekam.

Pembutan arang ini bertujuan agar bisa menghemat anggaran sehingga tidak perlu membeli media tanam untuk tanaman yang mereka budidayakan. Bahan yang dibutuhkan dalam membuat media tanam ini sangat mudah didapatkan, diantaranya arang sekam padi, pupuk kompos atau kotoran kambing dan sedikit tanah.

Sebelum sekam dicampur dengan media lain, sekam dibakar menggunakan alat cerobong yang dibuat sendiri, seperti halnya membuat arang sekam pada umumnya. Sekam yang telah menjadi arang kemudian dicampur dengan bahan-bahan yang lain. Setelah campur menjadi satu kemudian dimasukan kedalam polibek atau wadah yang akan digunakan sebagai tempat menanam atau ditampung duhulu ditempat seperti karung, drum, dsb.

"Sistem pembuatan media tanam ini lebih efektif dan ekonomis", tutur ibu Marita salah satu anggota kelompok Wanita Tani Melati.

 

Penulis: Agus S.

Sumber: Marita

(Fit)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image