You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Pelayanan Kesehatan Posbindu Remaja Anjir, Bentuk Kerja Sama Dengan Puskesmas Kokap 1

Admin Hargorejo 26 April 2022 Dibaca 255 Kali
Pelayanan Kesehatan Posbindu Remaja Anjir, Bentuk Kerja Sama Dengan Puskesmas Kokap 1

Sabtu (23/04/2022). Bekerja sama dengan tim dari Puskesmas Kokap 1, Posbindu Remaja Padukuhan Anjir melaksanakan Pelayanan Kesehatan, yaitu pemeriksaan kesehatan remaja dan pemeriksaan gula darah. Sesuai dengan koordinasi sebelumnya, bahwa sasaran pemeriksaan kesehatan remaja adalah warga Padukuhan Anjir usia 10 tahun hingga 18 tahun, sedangkan pemeriksaan gula darah ditujukan untuk usia 15 sampai 49 tahun.

Sistem pengumpulan peserta pemeriksaan menggunakan beberapa cara, di antaranya dengan membagikan undangan untuk sekitar 60 remaja Padukuhan Anjir dengan rentang usia sesuai ketentuan, serta membagikan pengumuman dan tautan pendaftaran kepada grup-grup warga dan pemuda untuk mencari peserta usia di atas 18 tahun sampai batas atas ketentuan usia peserta.

Terdapat beberapa sesi pada pelaksanaan pelayanan kesehatan Posbindu Remaja Anjir, di antaranya pemeriksaan kesehatan umum untuk semua peserta, yaitu pengukuran tinggi badan, berat badan, tekanan darah, lingkar perut, dan lingkar lengan atas. Pemeriksaan ini dilakukan oleh tim Panitia dan Kader Posbindu Remaja Padukuhan Anjir. Sedangkan untuk peserta usia 15 tahun ke atas juga dilakukan pemeriksaan gula darah yang dilakukan oleh tim dari Puskesmas Kokap 1. Jumlah peserta pemeriksaan kesehatan lebih kurang 40 orang.

Selain kedua jenis pemeriksaan tersebut juga dilaksanakan sosialisasi dari Puskesmas Kokap 1. Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan mengenai beberapa hal terkait kesehatan, seperti gizi, cara cuci tangan dengan baik dan benar, dan aktivitas fisik. Selain itu juga dijelaskan mengenai peran posbindu remaja untuk memantau kesehatan remaja secara berkala pada lingkup padukuhan. Peserta sosialisasi adalah remaja usia 10 sampai 18 tahun berjumlah sekitar 28 orang. Harapan dari posbindu remaja Padukuhan Anjir pada periode selanjutnya, kerja sama semacam ini dapat kembali dilakukan sehingga minat masyarakat khususnya di Padukuhan Anjir untuk memeriksakan kesehatannya dapat meningkat.

Penulis  : Annisa

Editor    : Yuli S

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image