You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Sosialisasi Dan Penyuluhan TB Di Padukuhan Sambeng

Admin Hargorejo 21 April 2022 Dibaca 209 Kali
Sosialisasi Dan Penyuluhan TB Di Padukuhan Sambeng

Tim perwakilan kader (TB) yang diwakili bapak Sudiro Selasa (20 april 2022), pukul 20.00 WIB mengadakan pertemuan di Padukuhan Sambeng Hargorejo. Pertemuan yang dilaksanakan di wilayah RT.032 RW.008 itu bertempat di mushola Al Iklas. Kegiatan tersebut sudah sering berjalan sesuai dengan jadwal kegiatan pertemuan masyarakat Padukuhan. Salah satu perawat TB Puskesmas Kokap I, ibu Sri Hidayati. AMK., berharap dengan adanya kegiatan tersebut masyarakat dapat berperan aktif dalam penemuan suspek maupun kasus tuberkulosis (TB).

Rencananya, di Pedukuhan Sambeng nantinya akan dibentuk Pos TB, di Pos tersebut akan disediakan leaflet, pot dahak, dan media penyuluhan. Kegiatan di Pos TB sendiri apabila ada warga masyarakat yang bergejala TB dapat berkonsultasi dengan kader dan akan diberikan pot dahak kemudian diperiksakan ke Puskesmas. Untuk penyuluhan / sosialisasi TB melalui berbagai kegiatan yang ada di masyarakat, seperti Posyandu, PKK, Dasawisma, dan sebagainya.

Kegiatan yang sudah dilakukan diantaranya:
1. Advokasi dengan Panewu dan lintas sektor
2. Advokasi dengan Dukuh, RT, RW Padukuhan Sambeng
3. Pelatihan kader TB
4. Penyuluhan TB ke kelompok masyarakat

“Diharapkan di Padukuhan Sambeng tidak ditemukan kasus TB. Kegiatan ini Insyaalloh akan kami terapkan pada Padukuhan yang lain di wilayah Kalurahan Hargorejo dan wilayah kerja Puskesmas Kokap I.”, tutur ibu Sri Hidayati. AMK. diakhir penyuluhan.

 

Penulis: Agus S.

Sumber: Sri Hidayati. AMK. (Perawat)

(Fit).

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image