You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Pembentukan Tim Surveilan Migrasi 2022

Admin Hargorejo 18 April 2022 Dibaca 216 Kali
Pembentukan Tim Surveilan Migrasi 2022

Hari ini Senin (18 April 2022), Puskesmas Kokap 1 mengadakan rapat koordinasi. Rapat koordinasi kali ini berbeda dari biasanya karena rakor hari ini mengundang berbagai elemen masyarakat tingkat kalurahan. Nampak hadir Babinsa dan Bhabinkamtibmas wilayah Hargorejo, Hargomulyo, dan Kalirejo, serta perwakilan dari tokoh masyarakat maupun perwakilan dari pamong Kalurahan di wilayah kerja Puskesmas Kokap 1. Rapat koordinasi yang dihadiri 17 orang ini dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB.

Dalam rapat koordinasi ini membahas mengenai pentingnya meningkatkan kerjasama antara masyarakat dan pihak Puskesmas Kokap 1 dalam mengantisipasi penyakit malaria. Pihak Puskesmas Kokap 1 mengingatkan kembali terkait kerjasama koordinasi apabila ada migrasi atau pemudik dari luar wilayah kerja Puskesmas Kokap 1 maupun dari luar daerah harap segera memberikan laporan atau memberitahu kepada pihak Puskesmas atau petugas surveilens desa (jsd/jmd).

Demi menjaga kesehatan masyarakat agar terbebas dari penyakit malaria, maka sangatlah penting peran serta pihak kalurahan maupun masyarakat, karena masyarakat yang berhadapan langsung dilapangan. Harapannya dengan meningkatkan kerjasama ini pihak wilayah sektor (Padukuhan) mampu membantu dalam hal pelaporan apabila ada pendatang maupun pemudik, apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri biasanya banyak pemudik dari luar daerah.

“Semoga wilayah kita tetap bebas penyakit malaria”, tutur ibu Isnaini Nurul Ma'rufah, A.M.K.L., salah satu karyawan puskesmas kokap 1. Sesuai program dari Dinas Kesehatan tentang program eliminasi malaria, ibu Nuryatini, SKM.Epidemologi, juga menambahkan “Demi mewujudkan masyarakat Kokap bebas malaria, kewaspadaan terhadap potensi malaria diwilayah menoreh perlu ditingkatkan melalui keaktifan warga masyarakat, Kepala Dusun dan Pemerintah Desa untuk melaporkan kedatangan masyarakat dari daerah endemik malaria spt luar pulau Jawa, Kabupaten Purworejo dan Kab Magelang”.

 

Penulis: Agus S.

Sumber : nama sy (epidemiolog pusk kokap 1)

Sumber 1. Isnaini Nurul Marufah, A.M.K.L.

              2. Nuryatini, SKM.E.

(Fit)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image