You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Tradisi Wiwitan Di Bulak Sawah Kriyan

Administrator 09 Maret 2022 Dibaca 229 Kali
Tradisi Wiwitan Di Bulak Sawah Kriyan

Tradisi wiwitan sebagai salah satu untuk upaya melestarikan atau nguri-uri tradisi yang sudah ada secara turun temurun masih dilaksanakan oleh sebagian petani di wilayah Kabupaten Kulon Progo. Tradisi wiwitan dapat juga diartikan sebagai perwujudan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah-Nya dari masa awal dalam bercocok tanam padi hingga memasuki masa panen.

Demikian juga halnya  dengan petani di Padukuhan Kriyan Hargorejo Kokap, yang tergabung dalam Kelompok Tani Maju yang sedang memasuki masa panen padi.

Sebagian sistem pengolahan sawah di Bulak Sawah Kriyan adalah sawah surjan. Sawah surjan merupakan kearifan lokal yang muncul sebagai respon petani setempat terhadap kondisi tanah atau lahan pertanian yang ada.

Acara wiwitan itu sendiri dilaksanakan di bulak sawah Kriyan pada hari Selasa,08 Maret 2022 pukul 13.30 WIB. Diawali dengan doa dan kirab tradisi ambeng tumpeng dan hasil bumi maupun buah buahan serta kudho Budoyo.

Kirab dilaksanakan mulai dari rumah warga menuju lokasi acara di lapangan dekat sawah.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para petani, tokoh masyarakat, unsur Kapanewon ,Koramil Kokap ,Polsek Kokap ,Pamong Kalurahan Hargorejo , serta pimpinan dan perwakilan dari Dinas terkait diantaranya Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, serta tamu undangan lainnya .Acara ini selesai pada pukul 15.00 WIB ,berlangsung tertib, kidmat, dan lancar .

Penulis  : Agus S

Editor     : Yuli S

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image