You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Swa Pustaka Hargorejo Juara 1 Lomba Perpustakaan Kalurahan Tingkat Kabupaten

Admin Hargorejo 24 Maret 2022 Dibaca 253 Kali
Swa Pustaka Hargorejo Juara 1 Lomba Perpustakaan Kalurahan Tingkat Kabupaten

Hargorejo. Sudah dua minggu lebih lamanya sejak diumumkan adanya Lomba Perpustakaan Kalurahan Tingkat Kabupaten Kulon Progo. Pada hari ini, Rabu (23/03/2022)  adalah sesi terakhir tahapan penilaian. Setelah seleksi berkas dan visitasi, akhirnya terjaring 3 perpustakaan dari 8 perpustakaan yang mengirimkan berkas ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo. Ketiga perpustakaan ini adalah Perpustakaan "Lentera" Bugel, Perpustakaan "Ngudi Kawruh" Gulurejo, serta Perpustakaan "Swa Pustaka" Hargorejo. Ketiganya diundang untuk melakukan presentasi di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo pada pukul 09.00 WIB. Pada kesempatan ini, masing-masing perpustakaan berupaya untuk menampilkan segala macam kegiatan dan kelebihan perpustakaan. Turut hadir dalam acara ini, Ibu Rudiatin selaku Kesra Kapanewon Kokap untuk membersamai acara. Sedangkan dari Perpustakaan Swa Pustaka Hargorejo diwakili oleh kedua staff perpustakaan, yaitu Hendra Nur Afrudin dan Ajru Fajriyah.

Setelah serangkaian presentasi dari ketiga perpustakaan kalurahan, acara dilanjutkan dengan pengumuman juara. Pada kali ini, Perpustakaan Swa Pustaka Hargorejo mendapat posisi sebagai juara pertama, Perpustakaan Gulurejo juara kedua, dan Perpustakaan Bugel mendapat juara ketiga. Dalam pidatonya, Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo, Bapak Tri Wahyudi, S.I.P, M.M menyatakan bahwa penilaian lomba mengacu kepada keseluruhan sesi penilaian, mulai dari seleksi berkas, visitasi dan presentasi. Akan tetapi, tahap awal seleksi berkas adalah yang paling menentukan, sedangkan rangkaian penilaian selanjutnya adalah sebagai bukti dan penguat dari yang tertulis dalam borang penilaian. Karena lomba ditujukan untuk pembinaan perpustakaan kalurahan yang ada di Kabupaten Kulon Progo, maka ketiga nominator tidak diperkenankan untuk mengikuti lomba pada tahun berikutnya. Sedang pada tahun ini, Lomba Perpustakaan Kalurahan hanya sampai tingkat Kabupaten dan tidak berlanjut ke jenjang provinsi dan nasional. 

Harapannya, dengan adanya lomba ini dapat memicu semangat perpustakaan Kalurahan dalam kiprahnya di masyarakat serta mencerdaskan generasi bangsa.

Penulis    : Ajru F

Editor      : Yuli S

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image