You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Pertemuan Rutin Lansia Sebagai Fasilitasi Kesehatan Untuk Usia Lanjut

Admin Hargorejo 21 Maret 2022 Dibaca 316 Kali
Pertemuan Rutin Lansia Sebagai Fasilitasi Kesehatan Untuk Usia Lanjut

Hargorejo (21/03/2022). Lansia Padukuhan Anjir secara rutin melakukan pertemuan lansia, beranggotakan warga Padukuhan Anjir yang masuk kategori Lansia dan Pra Lansia. Pertemuan tersebut rutin dilakukan satu kali dalam sebulan, biasa diadakan sekitar tanggal 20 setiap bulannya. Khusus bulan Maret 2022, pertemuan lansia diadakan pada tanggal 21 Maret 2022 sesuai dengan kesepakatan.


Pertemuan Lansia Padukuhan Anjir terdiri dari beberapa kegiatan, baik kegiatan kesehatan maupun non kesehatan. Kegiatan kesehatan biasanya diisi dengan olahraga senam bersama sebelum acara dimulai, namun pertemuan kali ini kegiatan senam tidak dilaksanakan. Hal tersebut dikarenakan cuaca hujan yang cukup lebat. Selain itu juga dilakukan kegiatan pemantauan kesehatan, diantaranya cek tekanan darah dan berat badan oleh kader lansia.


Cek kesehatan yang bertujuan memantau kesehatan lansia secara rutin diikuti dengan penyuluhan kesehatan, seperti anjuran untuk menindaklanjuti pemeriksaan ke puskesmas bagi penderita tekanan darah tinggi atau yang berisiko memiliki tekanan darah tinggi. Disampaikan pula pada anggota lansia untuk tetap menjaga pola konsumsi, aktivitas, dan kebersihan lingkungan sekitar rumah untuk mengurangi risiko terjangkit suatu penyakit.


Bukan hanya kegiatan kesehatan saja, pada pertemuan lansia juga dilakukan kegiatan non kesehatan, seperti kegiatan arisan rutin dan menabung. Dengan adanya kegiatan tersebut pada pertemuan, diharapkan anggota lansia tetap berkenan untuk datang mengikuti pertemuan rutin lansia sehingga kesehatannya tetap terpantau. Sesuai dengan motto lansia, ingatlah selalu masa tua "BAHAGIA" dimana terdiri atas 7 poin (Kementerian Kesehatan), yaitu :

- Berat badan berlebihan dihindari

- Aturlah makan dengan gizi seimbang

- Hindari faktor-faktor risiko penyakit tidak menular

- Agar terus berguna, lakukan kegiatan atau hobi yang bermanfaat sesuai kemampuan

- Gerak badan teratur wajib terus dilakukan

- Iman dan takwa ditingkatkan serta kelola stres

- Awasi tubuh dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin

Penulis  : Annisa Istika

Sumber : Ngesti Ekarini

Editor    : Yuli S

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image