You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Posyandu di Masa Pandemi: Wujud Pelayanan Kesehatan Masyarakat yang Optimal

Administrator 12 Februari 2022 Dibaca 307 Kali
Posyandu di Masa Pandemi: Wujud Pelayanan Kesehatan Masyarakat yang Optimal

Berlangsungnya Pandemi memaksa sebagian besar agenda kemasyarakatan dihentikan untuk sementara waktu, termasuk kegiatan posyandu. Namun, seiring berjalannya waktu masyarakat harus dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru, tidak terkecuali dengan pelayanan kesehatan pada posyandu di wilayah Padukuhan.

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan kalurahan yang mewadahi pemberdayaan masyarakat dalam pelayanan sosial dasar yang pelaksanaannya dapat disinergikan dengan layanan lain sesuai dengan potensi daerah. Kegiatan sosial dasar di Posyandu utamanya adalah kegiatan kesehatan, meliputi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Keluarga Berencana (KB), Imunisasi, Gizi, dan Pendidikan Pola Hidup Sehat. (Direktorat Promkes Kemenkes RI)

Sesuai dengan peraturan pelaksanaan posyandu di masa pandemi, posyandu Anjir diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan menghindari kerumunan. Prosedur yang diterapkan pada posyandu Anjir adalah temu janji dengan kader di balai Padukuhan Anjir menerapkan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan dengan sabun dan mengukur suhu tubuh. Pemantauan tumbuh kembang balita oleh kader dilakukan dengan beberapa pengukuran sebagai berikut.

  1. Pengukuran berat badan
  2. Pengukuran tinggi badan
  3. Pengukuran lingkar kepala
  4. Pengukuran lingkar lengan

Selain balita, juga diadakan posbindu yang ditujukan untuk para wali dari balita atau yang mendampingi. Pemantauan oleh kader dilakukan dengan beberapa pengecekan di antaranya:

  1. Berat badan
  2. Tinggi badan
  3. Lingkar lengan
  4. Tekanan darah

Setelah dilakukan pengecekan pada balita dan wali, masing-masing balita mendapatkan makanan bergizi yang seimbang dan sesuai kebutuhan balita sehingga dapat menstimulasi tumbuh kembang balita. Pada periode tertentu juga diberikan vitamin A untuk meningkatkan kesehatan mata, kekuatan tubuh, dan mencegah kebutaan.

Tujuan tetap diadakannya posyandu di masa pandemi adalah sebagai wujud pelaksanaan pelayanan kesehatan dan pemantauan tumbuh kembang balita secara prima dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan.

Penulis: Annisa Istika Rahayu

(SN’e)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image