You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Mengenali Diri Sendiri : Saat Ingin Menarik Diri

Administrator 12 Februari 2022 Dibaca 301 Kali
Mengenali Diri Sendiri : Saat Ingin Menarik Diri

Pembaca, pernahkah membenci sesuatu atau seseorang? Sebagai manusia normal tentu pernah. Pikiran-pikiran negatif itu tentu saja pernah muncul. Namun begitu jangan terjebak terlalu dalam dan lama yaa. Bagaimanapun juga berada dalam pikiran negatif itu tidaklah sehat untuk kesehatan mental dan psikologis kita. Sekedar berbagi berikut ini adalah pertanda bahwa kita sedang terjebak dalam pikiran negatif.

Pikiran negatif, contoh penyebabnya bisa berasal dari insekuritas, frustrasi, trauma masa lalu, adanya banyaknya tuntutan, atau bisa juga perbedaan ideologi (pemikiran).

Nah bagaimana cara mengatasinya? Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk merubah pikiran negatif. Diantaranya adalah kenali dan berikan label pada emosi yang kamu rasakan, lalu cari tahu kenapa kita merasakannya hal itu. Lalu gunakan waktu untuk rehat sejenak dari kegiatan sehari-hari agar kamu tidak  tidak terlalu lama berkutat dalam pikiran itu.  Berikan afirmasi positif misalnya “äku bisa melewati semua ini”; “aku bertanggung jawab pada emosiku sendiri”. Atau bisa juga minta bantuan pada profesional, orang terpercaya. Sebab trauma dan kecemasan bisa juga menimbukan penyakit fisik yang lain. Sehat mental sangatlah penting loh.

Sumber : Riliv

Sumber gambar: Inet

Penulis: Kemiyati

(SN’e)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image