You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Kolaborasi Antar Organisasi, Manfaat Untuk Semua Pihak

Admin Hargorejo 10 Oktober 2022 Dibaca 437 Kali
Kolaborasi Antar Organisasi, Manfaat Untuk Semua Pihak

Pada akhir Agustus lalu, Karang Taruna Anjir menerima permintaan kolaborasi dari Karang Taruna Kalurahan Gulurejo, Kapanewon Lendah dalam penyelenggaraan kegiatan Senam dan Jalan Sehat. Anggota Karang Taruna Anjir mendapatkan banyak manfaat, di antaranya mendapatkan pengalaman baru di luar wilayah Padukuhan Anjir dan Kalurahan Hargorejo.

Bagaimanakah konsep kolaborasi? Apa saja manfaat yang diperoleh dari proses kolaborasi? Simak penjelasan berikut.
Secara etimologi, kolaborasi mengandung makna sebagai penyatuan tenaga atau peningkatan kemampuan yang dimanfaatkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan atau disepakati bersama. Kolaborasi sering diartikan sebagai proses penyelesaian pekerjaan lintas wilayah, sektor, organisasi bahkan lintas negara. Syarat utama yang diperlukan dalam proses kolaborasi adalah kesadaran dan kemauan untuk berpartisipasi dalam kegiatan. Diperlukan motivasi dan kemauan untuk terlibat dalam kerja tim serta secara proaktif mengambil peran dalam penyelesaian kendala yang ditemui.

Manfaat yang dapat diperoleh dari kolaborasi antarorganisasi, di antaranya:

1. Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Organisasi
Dengan berkolaborasi, maka dimungkinkan sebuah organisasi dapat dengan efektif menyelesaikan kegiatan tepat waktu serta beban yang ditanggung menjadi lebih ringan saat dikerjakan bersama-sama sesuai kemampuan masing-masing.

2. Membangun Komunikasi
Komunikasi yang dapat dibangun dalam proses kolaborasi adalah pemahaman tentang berbagi gagasan, informasi, bahkan dapat memberikan mekanisme penyelesaian dari masalah yang muncul.

3. Memaksimalkan Produktivitas
Melalui efektivitas dan efisiensi serta komunikasi yang terjalin, maka suatu organisasi dapat memaksimalkan produktivitasnya dengan terselenggaranya program kegiatan yang baik serta memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat.

Selain pengalaman baru yang diperoleh, berkolaborasi antarorganisasi dapat menjadikan sebuah organisasi mampu memperkaya referensi untuk menjalankan program kegiatan dengan menarik.

 

Penulis : Annisa Istika

Sumber : LAN RI

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image