You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Genteng Selo, Ikon Khas Hargorejo Yang Ternama

Administrator 31 Januari 2022 Dibaca 491 Kali
Genteng Selo, Ikon Khas Hargorejo Yang Ternama

Salah satu produksi genteng dan batu bata yang berada di Padukuhan Selo, Kalurahan Hargorejo adalah genteng Selo dan batu bata produksi Pak Nurhadi. Pak Nurhadi mendirikan usaha ini sejak tahun 1978 dengan peralatan sederhana. Menurut beliau, usaha pergentengan dan batu bata adalah salah satu peluang usaha yang minim modal dan resiko, sehingga beliau mantap untuk mendirikan usaha ini. Bahan baku pembuatan batu bata dan genteng seperti tanah liat mudah didapatkan di wilayah Hargorejo. Begitu pula dengan bahan campurannya seperti pasir, abu, kapur, sekam, atau serbuk gergaji. Komposisi yang pas antara bahan baku pembuatan batu bata dan bahan campuran atau bahan tambahan akan menghasilkan batu bata merah berkualitas baik. Ciri-ciri batu bata yang berkualitas baik adalah berdenting saat diketuk, tidak terlihat adanya retakan atau pecah dan warnanya kemerahan ini berarti  genteng telah matang sempurna.

Pada mulanya Pak Nurhadi beserta putranya hanya menggunakan alat press manual, namun pada tahun 1982, mereka mulai menggunakan mesin press agar kualitas produk lebih kuat serta membantu meningkatkan kuantitas produksi genteng dan batu bata. Dalam sehari, rumah produksi ini bisa menghasilkan sekitar 500 genteng dan 1000 batu bata.

Salah satu kendala yang dihadapi oleh para pengrajin genteng dan batu bata adalah cuaca. Pada musim penghujan, proses penjemuran di bawah terik matahari menjadi terhambat. Namun begitu, menurut penuturan Pak Nurhadi, hal itu tidak mempengaruhi kualitas batu bata dan genteng yang dihasilkan, hanya saja kuantitas produksi menjadi berkurang. Pak Nurhadi dan keluarganya selau mempertahankan kualitas produk yang dibuat, sehingga banyak konsumen yang tertarik untuk berlangganan di tempat beliau. Kini, nama genteng dan batu bata Selo sudah menjadi salah satu ikon produk Hargorejo yang terkenal.             

Harga genteng adalah  Rp1.300.000 per seribunya. Untuk batu bata biasa, harganya  adalah Rp 700.000 per seribu keping ,sedangkan untuk batu bata press harganya adalah Rp 850.000 per seribu keping.

Bagi pelanggan yang berminat untuk membeli batu bata ataupun genteng Selo dapat menghubungi Contact Person di nomor handphone 0823-1278-9119.

Penulis   : Ajru F

Editor     : Yuli S

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image