You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Optimalkan Fungsi KKA, Kader Balita Sangkrek Lakukan Pemantauan Perkembangan Anak

Administrator 12 Juni 2021 Dibaca 1.015 Kali
Optimalkan Fungsi KKA, Kader Balita Sangkrek Lakukan Pemantauan Perkembangan Anak

KKA (Kartu Kembang Anak) atau lembar perkembangan balita merupakan alat untuk mendeteksi secara dini tentang penyimpangan atau gangguan perkembangan anak. Pada KKA ini disajikan petunjuk-petunjuk sederhana bagi ibu dalam menuntun anak untuk memaksimalkan potensi perkembangan anak. KKA dapat digunakan untuk memantau perkembangan anak secara bertahap setiap bulannya mulai usia 0-72 bulan (6 tahun).

Untuk memaksimalkan fungsi KKA, Kader BKB Sangkrek melakukan pengisian KKA bersama ibu balita. Pengisian KKA ini dilakukan pada saat kegiatan Posyandu yang dilaksanakan secara bertahap mulai pukul 09.00 WIB. "Seharusnya semua balita harus punya KKA. Tapi ini tak ambil yg balita umur 1 tahun ke bawah dulu. Baru awal percobaan. Besok secara bertahap semua punya KKA", tegas Ratmini, ketua kader BKB Sangkrek.

Mengingat situasi pandemi, kegiatan posyandu yang dilaksanakan  pada Jum'at (11/6/2021) di Balai Padukuhan Sangkrek ini tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak dan memakai masker. Acara yang dilakukan hanya penimbangan, ukur tinggi badan, lingkar lengan dan lingkar kepala balita. Setelah itu, para ibu dan balita dipersilakan pulang.

Penulis : Ajru Fajriyah

Editor : SN’e

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image