You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Ada Apa di 2 September 1945?

Administrator 02 September 2019 Dibaca 1.739 Kali

Dokumen Kapitulasi Jepang adalah perjanjian yang meresmikan kapitulasi Kekaisaran Jepang, menandai berakhirnya Perang Dunia II di Front Asia Pasifik. Perjanjian ini ditandatangani oleh perwakilan dari Kekaisaran Jepang, Amerika Serikat, Republik China, Britania Raya dan Irlandia Utara, Uni Republik Sosialis Soviet, Persemakmuran Australia, Pemerintahan Kanada, Pemerintahan Sementara Republik Prancis, Kerajaan Belanda, dan Pemerintahan Selandia Baru. Penandatanganan ini dilakukan di atas kapal USS Missouri di Teluk Tokyo pada tanggal 2 September 1945.

Latar Belakang 

Perang Pasifik di Asia Pasifik dimulai sejak 7 Desember 1941 setelah serangan Jepang ke Pearl Harbor milik Amerika Serikat . Dan sesudah itu, Amerika masuk kedalam Perang Pasifik. Perang ini kemudian menggabungkan diri dengan Perang Dunia II.

Perang Pasifik terus berlanjut hingga Amerika Serikat beserta sekutunya menjatuhkan dua bom atom atas Kota Hirosima tanggal 6 Agustus 1945 dan Nagasaki tanggal 9 Agustus 1945. Kaisar Jepang menyerah tanggal 15 Agustus 1945. Penyerahan Kaisar itu belum resmi.

Secara resmi dilakukan tanggal 2 September 1945 di atas Kapal USS Missouri yang berlabuh di Teluk Tokyo. Ditandai dengan penandatangan instrumen penyerahan Jepang. Sekutu diwakili oleh Panglima Tentara Amerika Serikat di Asia Pasifik, Jendral Douglas MacArthur, dan Jepang diwakili oleh Menteri Luar Negeri, Mamoru Shigemitsu, setelah bertemu dengan Kaisar Jepang, Hirohito sehari sebelumnya. 

(Sumber: Wikipedia Indonesia ) 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image