You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

MAKANAN TRADISONAL DISELA WABAH CORONA

Administrator 16 April 2020 Dibaca 360 Kali

Hargorejo,Kamis (16/04/2020) Tanaman jagung sering dan banyak kita jumpai di lingkungan kita. Siapa yang paham benar, bahwa ternyata jagung yang sering kita lihat di kebun, dan sawah, mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita karena kandungan nutrisinya. Jagung itu mengandung banyak manfaat loh, bisa untuk menurunkan hipertensi sehingga dapat mencegah penyakit jantung, mengontrol diabetes, memperlancar pencernaan, mencegah sembelit dan wasir karena jagung kaya akan serat, bahkan dapat menurunkan risiko kanker usus besar.

Dengan sering dan banyak mengkonsumsi jagung, kita bisa menjadi sehat. Dalam jagung terkandung magnesium, tembaga besi, dan yang terpenting adalah kandungan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang, nutrisi ini tidak hanya mencegah tulang retak karena pertambahan usia, tapi juga meningkatkan fungsi ginjal. Vitamin C, karotenoid dan bioflavinoids yang terkandung dalam jagung juga dapat menjaga jantung agar tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Kalian masih ingatkan, kalau jagung sama kakek nenek kita sering diolah dengan berbagai jenis olahan makanan. Bahkan jagung pernah menjadi makanan pokok di Indonesia sebelum beras.

Walaupun jagung bisa diolah dengan berbagai macam olahan selain direbus, dibakar, dibuat emping dan lain sebaginya. Ada salah satu makanan yang saya sangat menyukainya akhir-akhir ini, yaitu jenang jagung. Selain makanan ini bisa untuk konsumsi orang tua, jenang jagung juga bisa diberikan ke anak-anak. tentu saja hal ini juga merupakan teknik kita untuk mengenalkan makanan tradisional kepada anak-anak.

Cara Pembuatanya adalah santan yang sudah dididihkan dengan diberikan gula merah, diberi tepung jagung yang sudah diayak, tambahkan vanili atau daun pandan dan garam,bisa juga di tambahkan agar-agar untuk kemudian setelah mendidih di tuang dalam cetakan. Tepung jagung yang sudah diayak bisa juga digantikan dengan jagung manis dipipil yang kemudian diblender.

Selamat mencoba. Mari lestarikan makanan tradisonal dan tetap sehat dengan makanan olahan sendiri.

Penulis: Kemiyati Wirono
#dirumahsaja
#pesandalamtulisan
#lawancorona

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image