You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Kenapa Krengseng? ( Part I )

Administrator 21 Februari 2020 Dibaca 453 Kali

Hargorejo (21/02/2020) Padukuhan Krengseng bisa dikatakan berada di wilayah timur Kalurahan Hargorejo. Padukuhan ini berada diantara batas wilayah padukuhan lain. Sebelah barat berbatasan dengan padukuhan Kliripan, utara Penggung, timur Sindon dan sebelah selatan bersebelahan dengan padukuhan Ngulakan. Mengapa namanya Krengseng? pertanyaan ini yang sering menggelitik pemikiran saya (penulis)

Dalam proses pencarian Informasi saya dipertemukan dengan beberapa sesepuh. Satu diantara adalah pak Sobari beliau adalah putra kelima dari Bapak Marto Suwito dan Ibu Suminah. Marto Suwito merupakan Dukuh Krengseng kedua, setelah Hargorejo masuk dalam admisitrasi Negara Indonesia. Mas Bari laki-laki kelahiran 1958 ini menceritakan tentang kenapa Krengseng kepada saya. “saya dapat cerita ini dari ini dari simbah saya”Ucap beliau

Nama Krengseng sebenarnya diberikan oleh sorang sesepuh terdahulu yang bernama Mbah Kriyo Sumarto. Dan nama Krengseng juga digunakan untuk nama sebuah sumber mata air atau sumur yang ada di wilayah ini. Sumber yang lain (Sukardi) mengatakan dulunya nama Krengseng diambil karena di wilayah ini banyak ditemukan mata air yang berbunyi “kemrengseng”. Beberapa tahun yang lalu sekitar 40 tahun kebelakang di padukuhan ini ditemukan banyak sumber mata air, bahkan dari sumber mata air ini bisa mengaliri sawah ngabean (sekarang Ngulakan). “dari sumber mata air itu kalau mengalir di sungai, sungai itu kemaraupun akan tetap mengalir ”cerita Sukardi

Sumber mata air itu, ada disumur Krengseng, sumur Pacar, dan di mbah mbelik ( yang ke tiga tempat ini sampe sekarang masih di gunakan masyarakat untuk tempat pemandian bersama atau sekedar diambil airnya untuk kebutuhan rumah tangga) . Selain itu juga ada sendang di bawahnya mas Bardi (Sukardi).
Namun apakah benar nama padukuhan Krengseng diambil dari kata “kemrengseng” Waollohualam. (wir)

Sumber : Sobari, Sukardi
Dok : Rusidi

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image