Selamat Datang di Web Desa Hargorejo

 

Manfaat Nira Aren

Administrator 29 Juni 2020 09:07:55 Berita Desa

Di Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap terdapat beberapa orang yang bermata pencaharian menyadap nira aren. Pohon aren (Arenga pinntata Merr) banyak tumbuh di daerah beriklim tropis. Hampir semua bagian fisik dari pohon aren dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, dari semua bagian pohon, nira aren adalah bagian yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.

Pada tanaman aren yang sehat, setiap bunga jantan dapat menghasilkan nira sebanyak 800-1.800 liter per tandan, sedangkan pada tanaman aren yang pertumbuhannya kurang baik hanya rata-rata 300-400 liter per tandan (Lutony:1993). Nira aren yang masih segar dan rasanya manis dapat langsung diminum. Nira aren juga dapat dibuat menjadi gula cetak, gula semut dan gula cair. Sedangkan nira aren hasil fermentasi dapat menghasilkan cuka dan alkohol.

Kandungan kimia yang terdapat dalam nira aren bersifat sebagai peluruh haid, pencegah kehamilan, peluruh air seni (diuretik), dan pencahar. Air nira aren juga bermanfaat untuk mengatasi sariawan, radang paru dan disentri. (Afa)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah KALURAHAN

Peta Desa

Aparatur KALURAHAN

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Facebook

Lokasi Kantor KALURAHAN

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung