You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Bisnis Online, Salah Satu Cara Mencari Penghasilan di Tengah Pandemi

Administrator 26 Juni 2020 Dibaca 360 Kali

Bisnis Online, Salah Satu Cara Mencari Penghasilan di Tengah Pandemi

Pandemi yang sedang kita hadapi tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, banyak karyawan yang bekerja di pabrik atau sebuah perusahaan terancam PHK. Tidak hanya itu, pandemi yang terjadi telah membuat perekonomian menjadi carut-marut sehingga dampaknya merata ke berbagai lapisan masyarakat, mulai dari buruh, petani, pedagang hingga para pengusaha dan investor.

Masyarakat tentunya membutuhkan alternatif untuk tetap berpenghasilan meskipun harus tetap di rumah. Salah satu caranya adalah dengan berjualan online. Dalam berjualan online kita bisa menentukan sendiri seberapa modal yang kita butuhkan. Bahkan beberapa orang menjalankan bisnis ini tanpa modal sama sekali, yaitu dengan cara menjadi perantara antara supplier dan pembeli(sistem dropship). Dalam sistem dropship yang harus kita perhatikan adalah kita harus benar-benar mengetahui produk yang kita tawarkan, baik dalam hal spesifikasi, kondisi maupun harga produk di pasaran. Usahakan untuk mencari supplier dari tangan pertama agar produk yang dijual lebih murah dari harga pasaran. Jangan mengambil untung yang terlalu besar ketika awal kita memulai bisnis ini karena pembeli umumnya akan tertarik pada produk yang harganya lebih murah dari harga pasaran.

Langkah selanjutnya dalam berjualan secara online adalah memilih market sebagai tempat memasarkan dagangan kita. Salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah facebook. Sebagai langkah awal, kita bisa memposting dagangan kita di beberapa grup facebook yang dekat dengan wilayah kita dan mempunyai banyak member aktif. Selain grup, kita juga bisa mengunggah dagangan kita di marketplace. Selain jangkauannya lebih luas, marketplace memiliki fitur-yang akan memudahkan kita dalam mengelola iklan kita. Usahakan ketika berjualan kita fokus dulu pada suatu produk atau beberapa poroduk yang masih dalam kategori yang sama, semisal produk kesehatan, produk kecantikan.
Yang pasti, dalam berjualan secara online kita harus belajar bersabar dan menghormati pembeli ketika mereka menanyakan perihal produk yang kita jual kepada kita. Pembeli pada umumnya lebih suka membeli pada penjual yang ramah dan selalu tanggap apabila ditanya seputar produk mereka.
Untuk menghindari penipuan yang marak terjadi dalam bisnis online, banyak jasa pengiriman barang yang menawarkan layanan bayar di tempat (Cash on Delivery). Jadi, pembeli tidak perlu takut apabila barang yang dipesan tidak datang, begitu pula penjual tidak perlu takut jika barang datang sedangkan pembeli belum melakukan pembayaran. Jadi, berbisnis secara online mampu menjadi alternatif yang tepat ketika kita harus menerapkan sosial distancing. (Afa)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image