You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Endemi, Epidemi dan Pandemi

Administrator 27 Agustus 2021 Dibaca 519 Kali

Hargorejo. Sering kita mendengar kata yang tertulis di judul artikel ini. Namun apakah kita sudah benar-benar memahami apa berbedaannya? Mari kita cari tahu bersama-sama. Nyatanya Endemi, Epidemi dan Pandemi yang membedakannya ada pada beberapa tingkatan yang terjadi dalam penyebaran suatu penyakit.

Dalam kesehatan masyarakat, Endemi  adalah penyakit yang muncul dan menjadi karakteristik wilayah tertentu. Misalnya penyakit malaria di Kalimantan, atau Papua yang sempat merebak ditahun 2002. Dan Kapanewon Kokap menjadi salah satu wilayah yang juga tersebut dalam endemi malaria kala itu.  Bahkan ditahun 2002 bumil yang tersebar di kapanewon Kokap dibagikan kelambu dengan adanya peristiwa itu. Penyakit ini selalu ada diwilayah itu, namun frekuensi dan jumlah kasusnya rendah.

Lalu apa Epidemi?
Dikutip dari Wikipedia. Epidemi terjadi ketika suatu penyakit telah menyebar dengan cepat ke wilayah atau negara tertentu dan mulai memengaruhi populasi penduduk di wilayah atau negara tersebut. Contoh penyakitnya ada Virus Ebola di Republik Demokratik Kongo (DRC) pada 2019, flu burung (H5N1) di Indonesia pada 2012, SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) pada tahun 2003, penyakit Ebola di Negara Afrika.

Dan Pandemi adalah wabah penyakit yang terjadi serempak dimana-mana, meliputi daerah geografis yang luas (seluruh Negara/benua). Dengan kata lain, penyakit ini sudah menjadi masalah bersama bagi seluruh warga dunia. Contoh penyakit pandemi: COVID-19. Dimana seluruh dunia merasakan wabah penyakit menular ini. Semoga kita semua bisa melewati pandemi ini dengan baik.

 

Penulis :Kemiyati

Editor : Indi

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image